UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BEKASI

Main Author: Hanifan Sidik, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1904/1/Cover%20dll.pdf
http://repository.unj.ac.id/1904/2/Hanif_Sripsi%20Bab%201-Lampiran.pdf
http://repository.unj.ac.id/1904/
ctrlnum 1904
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1904/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BEKASI</title><creator>Hanifan Sidik, .</creator><subject>ZA4450 Aneka Olah Raga</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis di lapangan mengenai materi servis bawah bola voli. Untuk itu, peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Bekasi. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengaar inklusi. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Olahraga SMP Negeri 03 Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen Sebagai kolaborator, penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran pukulan teknik servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi, peningkatan yang terjadi di setiap pembelajaran yang di mulai dengan observasi awal, pertemuan pertama siklus I dan di akhiri pada pertemuan kedua siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak teknik pukulan servis bawah bola voli. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.</description><date>2018-02-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1904/1/Cover%20dll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1904/2/Hanif_Sripsi%20Bab%201-Lampiran.pdf</identifier><identifier> Hanifan Sidik, . (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1904</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hanifan Sidik, .
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BEKASI
publishDate 2018
topic ZA4450 Aneka Olah Raga
url http://repository.unj.ac.id/1904/1/Cover%20dll.pdf
http://repository.unj.ac.id/1904/2/Hanif_Sripsi%20Bab%201-Lampiran.pdf
http://repository.unj.ac.id/1904/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis di lapangan mengenai materi servis bawah bola voli. Untuk itu, peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Bekasi. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengaar inklusi. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Olahraga SMP Negeri 03 Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen Sebagai kolaborator, penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran pukulan teknik servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi, peningkatan yang terjadi di setiap pembelajaran yang di mulai dengan observasi awal, pertemuan pertama siklus I dan di akhiri pada pertemuan kedua siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak teknik pukulan servis bawah bola voli. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.
id IOS7130.1904
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:12Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:12Z
recordtype dc
_version_ 1686502319483518976
score 17.538404