MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIK GANTUNG PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV SLB C KEMBAR KARYA ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas Di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur )
Main Author: | Hani Nurlailawati, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1719/1/1%20COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/1719/2/2%20SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/1719/3/4%20kata%20pengantar%20%2C%20daftar%20isi%20%2C%20isi.pdf http://repository.unj.ac.id/1719/4/BAB%20ISI.pdf http://repository.unj.ac.id/1719/5/Lembar%20Persetujuan%20dan%20Orginalitas.pdf http://repository.unj.ac.id/1719/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur melalui penggunaan media stik gantung yang dilaksanakan pada bulan Februari – Juli 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur yang mempunyai masalah pada kemampuan membaca kata sebanyak 4 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, dokumentasi, dan observasi untuk memperoleh data tentang tindakan dan kemampuan membaca permulaan peserta didik yaitu berupa catatan lapangan. Standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi yaitu sebesar 70%. Dari analisis data yang diperoleh prosentase kemampuan awal sebesar 7,5% setelah melakukan tindakan disiklus I prosentase menjadi 50%. Dengan begitu prosentase kenaikan antara kemampuan awal dan siklus I sebesar 42,5%. Dikarenakan prosentase belum mencapai standar keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan prosentase 87,5% dengan prosentase kenaikan 37,5% dari siklus I. Hasil prosentase pada siklus II menunjukkan keberhasilan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan media stik gantung dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV.