MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIK GANTUNG PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV SLB C KEMBAR KARYA ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas Di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur )

Main Author: Hani Nurlailawati, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1719/1/1%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/2/2%20SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/3/4%20kata%20pengantar%20%2C%20daftar%20isi%20%2C%20isi.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/4/BAB%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/5/Lembar%20Persetujuan%20dan%20Orginalitas.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/
ctrlnum 1719
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1719/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIK GANTUNG PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV SLB C KEMBAR KARYA ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas Di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur )</title><creator>Hani Nurlailawati, .</creator><subject>LC Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur melalui penggunaan media stik gantung yang dilaksanakan pada bulan Februari &#x2013; Juli 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur yang mempunyai masalah pada kemampuan membaca kata sebanyak 4 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, dokumentasi, dan observasi untuk memperoleh data tentang tindakan dan kemampuan membaca permulaan peserta didik yaitu berupa catatan lapangan. Standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi yaitu sebesar 70%. Dari analisis data yang diperoleh prosentase kemampuan awal sebesar 7,5% setelah melakukan tindakan disiklus I prosentase menjadi 50%. Dengan begitu prosentase kenaikan antara kemampuan awal dan siklus I sebesar 42,5%. Dikarenakan prosentase belum mencapai standar keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan prosentase 87,5% dengan prosentase kenaikan 37,5% dari siklus I. Hasil prosentase pada siklus II menunjukkan keberhasilan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan media stik gantung dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV.</description><date>2018-02-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1719/1/1%20COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1719/2/2%20SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1719/3/4%20kata%20pengantar%20%2C%20daftar%20isi%20%2C%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1719/4/BAB%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1719/5/Lembar%20Persetujuan%20dan%20Orginalitas.pdf</identifier><identifier> Hani Nurlailawati, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIK GANTUNG PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV SLB C KEMBAR KARYA ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas Di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1719</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hani Nurlailawati, .
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIK GANTUNG PADA PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV SLB C KEMBAR KARYA ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas Di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur )
publishDate 2018
topic LC Penelitian Tindakan Kelas
url http://repository.unj.ac.id/1719/1/1%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/2/2%20SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/3/4%20kata%20pengantar%20%2C%20daftar%20isi%20%2C%20isi.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/4/BAB%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/5/Lembar%20Persetujuan%20dan%20Orginalitas.pdf
http://repository.unj.ac.id/1719/
contents Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur melalui penggunaan media stik gantung yang dilaksanakan pada bulan Februari – Juli 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur yang mempunyai masalah pada kemampuan membaca kata sebanyak 4 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, dokumentasi, dan observasi untuk memperoleh data tentang tindakan dan kemampuan membaca permulaan peserta didik yaitu berupa catatan lapangan. Standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi yaitu sebesar 70%. Dari analisis data yang diperoleh prosentase kemampuan awal sebesar 7,5% setelah melakukan tindakan disiklus I prosentase menjadi 50%. Dengan begitu prosentase kenaikan antara kemampuan awal dan siklus I sebesar 42,5%. Dikarenakan prosentase belum mencapai standar keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan prosentase 87,5% dengan prosentase kenaikan 37,5% dari siklus I. Hasil prosentase pada siklus II menunjukkan keberhasilan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan media stik gantung dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV.
id IOS7130.1719
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:07Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:07Z
recordtype dc
_version_ 1686502318607958016
score 17.538404