PERSEPSI SISWA TENTANG KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Studi Deskriptif Kuantitatif di SMA Negeri 49 Jakarta)

Main Author: Arif Styantoro, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1472/1/ARIF%20STYANTORO.pdf
http://repository.unj.ac.id/1472/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kesulitan dalam pembelajaran sejarah. Penelitian dilaksanakan selama 9 bulan, terhitung bulan Maret sampai dengan bulan Januari 2018 pada kelas X SMA Negeri 49 Jakarta dengan jumlah populasi sebanyak 209 orang dan sampelnya diambil sebanyak 50% dari tiap kelas yaitu 106 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner penelitian kepada responden. Pemaparan hasil penelitian bersifat deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dalam bentuk tabel atau diagram frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi yang terdapat dalam benak siswa tentang kesulitan dalam pembelajaran sejarah tidak hanya disebabkan oleh materi pelajaran yang sulit dipahami. Namun terdapat faktor-faktor yang melatarbelakangi siswa memiliki persepsi kesulitan dalam pembelajaran sejarah, seperti faktor internal yang meliputi kognitif yaitu siswa mengetahui tujuan pembelajaran sejarah berjumlah sebanyak, afektif dimana siswa menyukai pelajaran sejarah dan psikomotor dimana siswa mengaku kondisi fisik berpengaruh terhadap kesulitan belajar dan eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah. Siswa berpersepsi bahwa tingkat kesulitan belajar yang mereka rasakan bertaraf sedang dan kesulitan yang dialami siswa hanya terdapat pada sebagian materi yang dipelajari. Siswa berpersepsi kesulitan belajar sejarah bersifat sementara.