Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama7 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juli 2019. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui hubungan antara label halal dan celebrity endorsementdengan keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada mahasiswi FakultasEkonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakanadalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakanadalah seluruh mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive samplingsebanyak 109 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 11,078 +0,57X1 + 0,6493X2.Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan ujiKolmogorov-Smimovdengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 danmenghasilkantingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabeltersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normaldan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya.Uji linieritas regresi Y atas X1dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05,sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartianregresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 46,095 > 3,08, sehinggadapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya,dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 2,798 dan ttabel = 1,65936, Y atas X2thitung = 6,822 dan ttabel = 1,65936. Nilai koefisien korelasi antara variabel labelhalal (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,480 dan nilai koefisienkorelasi antara variabel celebrity endorsement (X2) terhadap keputusan pembelian(Y) sebesar 0,652. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara label halaldengan keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antaracelebrity endorsement dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapatdisimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara label halal dancelebrity endorsement dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atasX1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,465 yang menunjukkan bahwa 46,5% variabelkeputusan pembelian ditentukan oleh label halal dan celebrity endorsement.Sementara itu, sisanya 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain.