PRAKTIK PENDIDIKAN HUMANIS BAGI ANAK PINGGIRAN Studi Kasus di Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar, Jakarta Timur

Main Author: Rusmiati Sintia Dewi, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/11240/1/SKRIPSI%20Rusmiati%20Sintia%20Dewi.pdf
http://repository.unj.ac.id/11240/
ctrlnum 11240
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/11240/</relation><title>PRAKTIK PENDIDIKAN HUMANIS BAGI ANAK PINGGIRAN Studi Kasus di Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar, Jakarta Timur</title><creator>Rusmiati Sintia Dewi, .</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Penelitian ini berangkat dari pandangan penulis melihat ketidakpuasan masyarakat terhadap sistem pendidikan nasional. Pembangunan pendidikan terus diupayakan pemerintah namun ketidakpuasan dan kritik masih ramai disuarakan. Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar adalah salah satu praktik pendidikan alternatif yang berdiri di atas landasan ketidakpuasan sejenis terhadap kondisi pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan bagi masyarakat pinggiran. Berawal dari visi melawan ketidakadilan terhadap kelompok anakpinggirandalam pendidikan yang kemudian melahirkan konsep Sekolah Otonom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus di Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar. Secara umum,Sekolah Otonom melihat anak pinggiran sebagai kelompok sosial dengan pengalaman ketidakadilanganda. Berdirinya Sekolah Otonom menjadi bentuk komitmen masyarakat dalam melawan praktik ketidakadilan terhadap anak pinggiran. Sekolah tersebutcoba mewujudkan idealismeuntuk meningkatkan kemanusiaan kelompok masyarakat pinggiran dengan membangun suatu sistem pendidikan mandiri yang dipandang lebih humanis dan berpihak pada kemanusiaan anakpinggiran.Untuk melihatpraktik pendidikan humanis di Sekolah Otonom,penulis menggunakan pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara sebagai pisau analisis.Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, peran dan relasi antara anak dan orang dewasa di Sekolah Otonom lebih setara dan adil. Kedua, pelibatan anak dalam seluruh keputusan terkait dengan proses belajarnya. Ketiga, penekanan pada praktik keberpihakan untuk kemanusiaan dalam pendidikan. Keempat, keseimbangan pembentukan hidup batin dan intelektualitas anak. Kelima, meminimalisir dependensi anak terhadap orang dewasa dan menumbuhkan sikap mandiri anakdalam proses belajarnya.</description><date>2016-02-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/11240/1/SKRIPSI%20Rusmiati%20Sintia%20Dewi.pdf</identifier><identifier> Rusmiati Sintia Dewi, . (2016) PRAKTIK PENDIDIKAN HUMANIS BAGI ANAK PINGGIRAN Studi Kasus di Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar, Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>11240</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rusmiati Sintia Dewi, .
title PRAKTIK PENDIDIKAN HUMANIS BAGI ANAK PINGGIRAN Studi Kasus di Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar, Jakarta Timur
publishDate 2016
topic Pendidikan
url http://repository.unj.ac.id/11240/1/SKRIPSI%20Rusmiati%20Sintia%20Dewi.pdf
http://repository.unj.ac.id/11240/
contents Penelitian ini berangkat dari pandangan penulis melihat ketidakpuasan masyarakat terhadap sistem pendidikan nasional. Pembangunan pendidikan terus diupayakan pemerintah namun ketidakpuasan dan kritik masih ramai disuarakan. Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar adalah salah satu praktik pendidikan alternatif yang berdiri di atas landasan ketidakpuasan sejenis terhadap kondisi pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan bagi masyarakat pinggiran. Berawal dari visi melawan ketidakadilan terhadap kelompok anakpinggirandalam pendidikan yang kemudian melahirkan konsep Sekolah Otonom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus di Sekolah Otonom Sanggar Anak Akar. Secara umum,Sekolah Otonom melihat anak pinggiran sebagai kelompok sosial dengan pengalaman ketidakadilanganda. Berdirinya Sekolah Otonom menjadi bentuk komitmen masyarakat dalam melawan praktik ketidakadilan terhadap anak pinggiran. Sekolah tersebutcoba mewujudkan idealismeuntuk meningkatkan kemanusiaan kelompok masyarakat pinggiran dengan membangun suatu sistem pendidikan mandiri yang dipandang lebih humanis dan berpihak pada kemanusiaan anakpinggiran.Untuk melihatpraktik pendidikan humanis di Sekolah Otonom,penulis menggunakan pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara sebagai pisau analisis.Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, peran dan relasi antara anak dan orang dewasa di Sekolah Otonom lebih setara dan adil. Kedua, pelibatan anak dalam seluruh keputusan terkait dengan proses belajarnya. Ketiga, penekanan pada praktik keberpihakan untuk kemanusiaan dalam pendidikan. Keempat, keseimbangan pembentukan hidup batin dan intelektualitas anak. Kelima, meminimalisir dependensi anak terhadap orang dewasa dan menumbuhkan sikap mandiri anakdalam proses belajarnya.
id IOS7130.11240
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-10-18T04:15:43Z
last_indexed 2020-11-20T15:42:45Z
recordtype dc
_version_ 1686502355723354112
score 17.538404