PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI

Main Authors: Siti Hotimah, TM121004, AR, Nasrun, Susanti, Try
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/908/1/TM121004_SITI%20HOTIMAH_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20siti%20hotimah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/908/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttes-Only Control Design. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan siswa kelas IX G. Peneliti menemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pebedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning dengan lebih besar daripada , baik pada taraf signifikansi maupun yaitu . Hasil penelitian menyarankan agar guru menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika.