PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)DI KELURAHAN JELMU KOTA JAMBI

Main Authors: Desi Nopita Sari, EES160342, Dja'far, Halimah, Anita, Efni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4310/1/EES160342%20Pengaruh%20Karakteristik%20Wirausaha%2C%20Modal%20Usaha%2C%20dan%20Strategi%20Pemasaran%20terhadap%20Perkembangan%20Usaha%20Mikro%20Kecil%20dan%20Menengah%20%28UMKM%29%20DI%20Kelurahan%20Jelmu%20Kota%20Jambi%20-%20lampiran%20fulltext.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4310/
Daftar Isi:
  • Perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi belum dapat berkembang, hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata jumlah tenaga kerja UMKM tersebut setiap tahunnya tidak bertambah, jumlah pelanggan yang kurang meningkat dan jumlah penjualan yang kurang meningkat.. hal tersebut dikarenakan sebagian besar para pelaku UMKM tersebut belum memiliki karakteristik wirausaha yang baik, terbatasnya modal usaha, pengelolaan modal usaha yang belum baik, dan kurangnya penerapan strategi pemasaran yang tepat. Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Apakah karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran secara bersama-sama (Simultan) berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi. (2) Apakah karateristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran secara sendiri (Parsial) berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, dan strategi pemasaran secara simultan terhadap perkembangan perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi. (2) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, dan strategi pemasaran secara parsial terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket/kursioner. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah para pemilik UMKM di Kelurahan Jelmu Kota Jambi sebanyak 23 UMKM. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran secara bersama- sama (simultan) terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi. (2) Terdapat pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran secara sendiri (parsial) berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kelurahan Jelmu Kota Jambi.