INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KOTA JAMBI
Main Authors: | SRI HARTATI, MPA. 18.2907, Risnita, Risnita, Jalaludin, Jalaludin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4190/1/SRI%20HARTATI.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4190/ |
ctrlnum |
4190 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/4190/</relation><title>INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KOTA JAMBI</title><creator>SRI HARTATI, MPA. 18.2907</creator><creator>Risnita, Risnita</creator><creator>Jalaludin, Jalaludin</creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><subject>2x7.3 Pendidikan Islam</subject><description>Pembentukan akhlak siswa di SMP Negeri 3 Kota Jambi tidak
terlepas dari peran guru dan sekolah. Guru PAI memiliki peran yang
dominan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak, karena akhlak bersumber
dari ajaran agama. Oleh karena itu pada penelitian ini mengkaji tentang
langkah guru PAI dan sekolah dalam menanamkan nilai-nilai akhlak yang
bersumber dari ajaran agama, mengetahui penyebab siswa belum
berakhlak mulia, faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlak.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Tahap tekhnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan
dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi,
dan melakukan konsultasi ke pembimbing.
Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: 1). Proses
internalisasi materi PAI dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 3
Kota Jambi dimulai dari kegiatan transfer materi PAI, menampilkan
keteladanan guru PAI, penciptaan dan pembiasaan budaya religius di
sekolah, 2) Penyebab siswa belum memiliki akhlak mulia di SMP Negeri 3
Kota Jambi adalah karena pengaruh teman dan pergaulan, faktor
psikologi siswa, lingkungan keluarga dan masyarakat, dan dampak media
sosial. 3) Faktor pendukung dalam pembentukan akhlak siswa adalah
tertuang langsung dalam visi dan misi sekolah, terintegrasi dengan semua
mata pelajaran, sejalan dengan peraturan dan tata tertib sekolah, dan
terintegrasi dengan kegiatan pembinaan siswa. Adapun faktor
penghambat yaitu guru PAI belum optimal dalam pembelajaran (Misalnya:
masih kurangnya media dan alat, siswa kurang menyadari pentingnya ilmu
agama), pengawasan yang kurang maksimal. Berdasarkan temuan
penelitian ini, pembentukan akhlak siswa akan terwujud apabila
penanaman nilai-nilai akhlak dilakukan oleh siswa, guru, sekolah, keluarga
dan masyarakat secara bersama-sama.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu adanya penelitian
lanjutan mengenai langkah-langkah yang efektif dalam membentuk akhlak
siswa, peningkatan kualitas guru PAI, program pembinaan akhlak yang
terstruktur dan sistematis serta kerjasama antara guru, keluarga dan
masyarakat dalam penanaman akhlak.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/4190/1/SRI%20HARTATI.pdf</identifier><identifier> SRI HARTATI, MPA. 18.2907 and Risnita, Risnita and Jalaludin, Jalaludin (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>4190</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SRI HARTATI, MPA. 18.2907 Risnita, Risnita Jalaludin, Jalaludin |
title |
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KOTA JAMBI |
publishDate |
2020 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP 2x7.3 Pendidikan Islam |
url |
http://repository.uinjambi.ac.id/4190/1/SRI%20HARTATI.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4190/ |
contents |
Pembentukan akhlak siswa di SMP Negeri 3 Kota Jambi tidak
terlepas dari peran guru dan sekolah. Guru PAI memiliki peran yang
dominan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak, karena akhlak bersumber
dari ajaran agama. Oleh karena itu pada penelitian ini mengkaji tentang
langkah guru PAI dan sekolah dalam menanamkan nilai-nilai akhlak yang
bersumber dari ajaran agama, mengetahui penyebab siswa belum
berakhlak mulia, faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlak.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Tahap tekhnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan
dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi,
dan melakukan konsultasi ke pembimbing.
Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: 1). Proses
internalisasi materi PAI dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 3
Kota Jambi dimulai dari kegiatan transfer materi PAI, menampilkan
keteladanan guru PAI, penciptaan dan pembiasaan budaya religius di
sekolah, 2) Penyebab siswa belum memiliki akhlak mulia di SMP Negeri 3
Kota Jambi adalah karena pengaruh teman dan pergaulan, faktor
psikologi siswa, lingkungan keluarga dan masyarakat, dan dampak media
sosial. 3) Faktor pendukung dalam pembentukan akhlak siswa adalah
tertuang langsung dalam visi dan misi sekolah, terintegrasi dengan semua
mata pelajaran, sejalan dengan peraturan dan tata tertib sekolah, dan
terintegrasi dengan kegiatan pembinaan siswa. Adapun faktor
penghambat yaitu guru PAI belum optimal dalam pembelajaran (Misalnya:
masih kurangnya media dan alat, siswa kurang menyadari pentingnya ilmu
agama), pengawasan yang kurang maksimal. Berdasarkan temuan
penelitian ini, pembentukan akhlak siswa akan terwujud apabila
penanaman nilai-nilai akhlak dilakukan oleh siswa, guru, sekolah, keluarga
dan masyarakat secara bersama-sama.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu adanya penelitian
lanjutan mengenai langkah-langkah yang efektif dalam membentuk akhlak
siswa, peningkatan kualitas guru PAI, program pembinaan akhlak yang
terstruktur dan sistematis serta kerjasama antara guru, keluarga dan
masyarakat dalam penanaman akhlak. |
id |
IOS7065.4190 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
institution_id |
1239 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
library_id |
1111 |
collection |
Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
repository_id |
7065 |
subject_area |
Education Islamic Science Philosophy |
city |
MUARO JAMBI |
province |
JAMBI |
repoId |
IOS7065 |
first_indexed |
2020-08-11T03:05:06Z |
last_indexed |
2022-10-14T05:34:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1746641609041117184 |
score |
17.538404 |