IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA'ALIM AL-MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN MUARO SEBAPO
Main Authors: | M. Thontawi, MKP.152560, Risnita, Risnita, Musa, Musa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4171/1/M.%20Thontawi%20MKP152560.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4171/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum pembelajaran kitab Ta’alim Al-Muta’allim di pondok pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo yang belum berjalan secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di Pondok Pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo. Subjek penelititan adalah pimpinan pondok, kepala sekolah, guru, dan anak didik. Subjek diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Temuan penelitian, yaitu: 1) Implementasi kurikulum kitab Ta’alim Al-Muta’allim dilaksanakan secara integrasi antara pondok dengan sekolah; dikembangkan secara mandiri oleh guru; guru mengembangkan silabus, RPP, dan materi pembelajaran berdasarkan buku sumber kitab Ta’alim Al-Muta’allim. 2) Kendala guru yaitu kesulitan guru untuk memahami redaksi teks bacaan; pergantian guru dan jadwal yang mengakibatkan materi tidak selesai; keberagaman karakteristik anak didik; tidak ada panduan dari pemerintah mengenai kurikulum tersebut. 3) Upaya untuk melaksanakan pembelajaran kitab Ta’alim Al-Muta’allim oleh guru yaitu menghubungkan tujuan pembelajaran dengan perilaku sehari-hari anak didik. Upaya oleh pimpinan yaitu menempatkan guru berpengalaman, menyediakan kitab bagi anak didik, memberikan pengarahan secara langsung kepada guru, dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan guru di sekolah. Berdasarkan temuan disimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum pembelajaran kitab Ta’alim Al-Muta’allim di pondok pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo belum optimal karena kurangnya pengembangan diri oleh guru dan sistem pengelolaan belum stabil. Rekomendasi diajukan kepada pimpinan pondok pesantren, kepala sekolah, dan guru untuk melakukan kegiatan peningkatan kompetensi guru.