IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA'ALIM AL-MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN MUARO SEBAPO

Main Authors: M. Thontawi, MKP.152560, Risnita, Risnita, Musa, Musa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4171/1/M.%20Thontawi%20MKP152560.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4171/
ctrlnum 4171
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/4171/</relation><title>IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA'ALIM AL-MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN MUARO SEBAPO</title><creator>M. Thontawi, MKP.152560</creator><creator>Risnita, Risnita</creator><creator>Musa, Musa</creator><subject>000 Karya Umum</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum pembelajaran kitab Ta&#x2019;alim Al-Muta&#x2019;allim di pondok pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo yang belum berjalan secara optimal.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di Pondok Pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo. Subjek penelititan adalah pimpinan pondok, kepala sekolah, guru, dan anak didik. Subjek diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi.&#xD; Temuan penelitian, yaitu: 1) Implementasi kurikulum kitab Ta&#x2019;alim Al-Muta&#x2019;allim dilaksanakan secara integrasi antara pondok dengan sekolah; dikembangkan secara mandiri oleh guru; guru mengembangkan silabus, RPP, dan materi pembelajaran berdasarkan buku sumber kitab Ta&#x2019;alim Al-Muta&#x2019;allim. 2) Kendala guru yaitu kesulitan guru untuk memahami redaksi teks bacaan; pergantian guru dan jadwal yang mengakibatkan materi tidak selesai; keberagaman karakteristik anak didik; tidak ada panduan dari pemerintah mengenai kurikulum tersebut. 3) Upaya untuk melaksanakan pembelajaran kitab Ta&#x2019;alim Al-Muta&#x2019;allim oleh guru yaitu menghubungkan tujuan pembelajaran dengan perilaku sehari-hari anak didik. Upaya oleh pimpinan yaitu menempatkan guru berpengalaman, menyediakan kitab bagi anak didik, memberikan pengarahan secara langsung kepada guru, dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan guru di sekolah.&#xD; Berdasarkan temuan disimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum pembelajaran kitab Ta&#x2019;alim Al-Muta&#x2019;allim di pondok pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo belum optimal karena kurangnya pengembangan diri oleh guru dan sistem pengelolaan belum stabil. Rekomendasi diajukan kepada pimpinan pondok pesantren, kepala sekolah, dan guru untuk melakukan kegiatan peningkatan kompetensi guru.</description><date>2020-02-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/4171/1/M.%20Thontawi%20MKP152560.pdf</identifier><identifier> M. Thontawi, MKP.152560 and Risnita, Risnita and Musa, Musa (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA'ALIM AL-MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN MUARO SEBAPO. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>4171</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author M. Thontawi, MKP.152560
Risnita, Risnita
Musa, Musa
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA'ALIM AL-MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN MUARO SEBAPO
publishDate 2020
topic 000 Karya Umum
370 Pendidikan
url http://repository.uinjambi.ac.id/4171/1/M.%20Thontawi%20MKP152560.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4171/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum pembelajaran kitab Ta’alim Al-Muta’allim di pondok pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo yang belum berjalan secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di Pondok Pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo. Subjek penelititan adalah pimpinan pondok, kepala sekolah, guru, dan anak didik. Subjek diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Temuan penelitian, yaitu: 1) Implementasi kurikulum kitab Ta’alim Al-Muta’allim dilaksanakan secara integrasi antara pondok dengan sekolah; dikembangkan secara mandiri oleh guru; guru mengembangkan silabus, RPP, dan materi pembelajaran berdasarkan buku sumber kitab Ta’alim Al-Muta’allim. 2) Kendala guru yaitu kesulitan guru untuk memahami redaksi teks bacaan; pergantian guru dan jadwal yang mengakibatkan materi tidak selesai; keberagaman karakteristik anak didik; tidak ada panduan dari pemerintah mengenai kurikulum tersebut. 3) Upaya untuk melaksanakan pembelajaran kitab Ta’alim Al-Muta’allim oleh guru yaitu menghubungkan tujuan pembelajaran dengan perilaku sehari-hari anak didik. Upaya oleh pimpinan yaitu menempatkan guru berpengalaman, menyediakan kitab bagi anak didik, memberikan pengarahan secara langsung kepada guru, dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan guru di sekolah. Berdasarkan temuan disimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum pembelajaran kitab Ta’alim Al-Muta’allim di pondok pesantren Nurul Iman Muaro Sebapo belum optimal karena kurangnya pengembangan diri oleh guru dan sistem pengelolaan belum stabil. Rekomendasi diajukan kepada pimpinan pondok pesantren, kepala sekolah, dan guru untuk melakukan kegiatan peningkatan kompetensi guru.
id IOS7065.4171
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS7065
first_indexed 2020-08-11T03:05:06Z
last_indexed 2022-10-14T05:34:52Z
recordtype dc
_version_ 1746641609007562752
score 17.538404