STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN SA’ADATUL ABADIYAH KUALA TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
Main Authors: | MARDIANA, TP.151403, Aziz, Nurazmy, Nasir, Nasir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4103/1/MARDIANA-TP151403-wtr.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4103/ |
Daftar Isi:
- Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik- baiknya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal . (2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal (3) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal . Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal sudah baik dan meningkat. Hal ini terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak membaca. Artinya bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat. dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh Madrasah Aliyah Kuala Tungkal untuk menjadi manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan misi sekolah.