STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN SA’ADATUL ABADIYAH KUALA TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
Main Authors: | MARDIANA, TP.151403, Aziz, Nurazmy, Nasir, Nasir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4103/1/MARDIANA-TP151403-wtr.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4103/ |
ctrlnum |
4103 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/4103/</relation><title>STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI
PONDOK PESANTREN SA’ADATUL ABADIYAH KUALA
TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT</title><creator>MARDIANA, TP.151403</creator><creator>Aziz, Nurazmy</creator><creator>Nasir, Nasir</creator><subject>000 Karya Umum</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi
serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun
pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator
harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik- baiknya.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru
pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal . (2)
Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah
Kuala Tungkal (3) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam
peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal .
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian
kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa
metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif,
yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik
yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut
di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan
secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran
Fiqih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal sudah baik dan meningkat. Hal ini
terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk
keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak
membaca. Artinya bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya
berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga
berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat. dan memang hal inilah yang
sangat diharapkan oleh Madrasah Aliyah Kuala Tungkal untuk menjadi
manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan
misi sekolah.</description><date>2020-03-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/4103/1/MARDIANA-TP151403-wtr.pdf</identifier><identifier> MARDIANA, TP.151403 and Aziz, Nurazmy and Nasir, Nasir (2020) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN SA’ADATUL ABADIYAH KUALA TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>4103</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MARDIANA, TP.151403 Aziz, Nurazmy Nasir, Nasir |
title |
STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI
PONDOK PESANTREN SA’ADATUL ABADIYAH KUALA
TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT |
publishDate |
2020 |
topic |
000 Karya Umum 370 Pendidikan |
url |
http://repository.uinjambi.ac.id/4103/1/MARDIANA-TP151403-wtr.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4103/ |
contents |
Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi
serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun
pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator
harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik- baiknya.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru
pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal . (2)
Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah
Kuala Tungkal (3) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam
peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal .
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian
kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa
metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif,
yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik
yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut
di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan
secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran
Fiqih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal sudah baik dan meningkat. Hal ini
terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk
keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak
membaca. Artinya bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya
berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga
berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat. dan memang hal inilah yang
sangat diharapkan oleh Madrasah Aliyah Kuala Tungkal untuk menjadi
manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan
misi sekolah. |
id |
IOS7065.4103 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
institution_id |
1239 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
library_id |
1111 |
collection |
Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
repository_id |
7065 |
subject_area |
Education Islamic Science Philosophy |
city |
MUARO JAMBI |
province |
JAMBI |
repoId |
IOS7065 |
first_indexed |
2020-08-11T03:05:06Z |
last_indexed |
2022-10-14T05:34:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1746641608931016704 |
score |
17.538404 |