STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN SA’ADATUL ABADIYAH KUALA TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Main Authors: MARDIANA, TP.151403, Aziz, Nurazmy, Nasir, Nasir
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4103/1/MARDIANA-TP151403-wtr.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4103/
ctrlnum 4103
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/4103/</relation><title>STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN&#xD; MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI&#xD; PONDOK PESANTREN SA&#x2019;ADATUL ABADIYAH KUALA&#xD; TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT</title><creator>MARDIANA, TP.151403</creator><creator>Aziz, Nurazmy</creator><creator>Nasir, Nasir</creator><subject>000 Karya Umum</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi&#xD; serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun&#xD; pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan&#xD; tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator&#xD; harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik- baiknya.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru&#xD; pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar&#xD; siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal . (2)&#xD; Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah&#xD; Kuala Tungkal (3) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam&#xD; peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal .&#xD; Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian&#xD; kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa&#xD; metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk&#xD; analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif,&#xD; yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik&#xD; yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut&#xD; di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan&#xD; secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Pendidikan&#xD; Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran&#xD; Fiqih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal sudah baik dan meningkat. Hal ini&#xD; terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk&#xD; keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak&#xD; membaca. Artinya bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya&#xD; berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga&#xD; berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat. dan memang hal inilah yang&#xD; sangat diharapkan oleh Madrasah Aliyah Kuala Tungkal untuk menjadi&#xD; manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan&#xD; misi sekolah.</description><date>2020-03-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/4103/1/MARDIANA-TP151403-wtr.pdf</identifier><identifier> MARDIANA, TP.151403 and Aziz, Nurazmy and Nasir, Nasir (2020) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN SA&#x2019;ADATUL ABADIYAH KUALA TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>4103</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MARDIANA, TP.151403
Aziz, Nurazmy
Nasir, Nasir
title STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN SA’ADATUL ABADIYAH KUALA TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
publishDate 2020
topic 000 Karya Umum
370 Pendidikan
url http://repository.uinjambi.ac.id/4103/1/MARDIANA-TP151403-wtr.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4103/
contents Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik- baiknya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal . (2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal (3) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal . Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Kuala Tungkal sudah baik dan meningkat. Hal ini terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak membaca. Artinya bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat. dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh Madrasah Aliyah Kuala Tungkal untuk menjadi manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan misi sekolah.
id IOS7065.4103
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS7065
first_indexed 2020-08-11T03:05:06Z
last_indexed 2022-10-14T05:34:50Z
recordtype dc
_version_ 1746641608931016704
score 17.538404