PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI

Main Authors: Citra Nur Eliza, TM161280, Hurmaini, Hurmaini, Yuliani Sundara, Vinny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3723/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20CITRA%20NUR%20ELIZA%201.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3723/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk membahas tentang hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ihsaniyah Muaro Jambi. Metode Penelitian ini adalah penelitian true Eksperimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling yang berjumlah 30 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah garis dan sudut yang berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievment Division, dari kelas eksperimen I diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 55 dan standar deviasi 10.72. Dan kelas ekserimen II menggunakan model pembelajaran tipe Peer Teaching, dari kelas eksperimen II tersebut diperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 45 dan standar deviasi 9.43. Setelah kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji “t” dengan nilai thitung = 3,14 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel, ternyata thitung >ttabel pada taraf signifikan 5% atau 2,05 ï€ĵ 3,14. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif learning tipe student teams achievement division dan tipe peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa.