PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI
Main Authors: | Citra Nur Eliza, TM161280, Hurmaini, Hurmaini, Yuliani Sundara, Vinny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3723/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20CITRA%20NUR%20ELIZA%201.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3723/ |
ctrlnum |
3723 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/3723/</relation><title>PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI</title><creator>Citra Nur Eliza, TM161280</creator><creator>Hurmaini, Hurmaini</creator><creator>Yuliani Sundara, Vinny</creator><subject>000 Karya Umum</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian adalah untuk membahas tentang hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ihsaniyah Muaro Jambi. Metode Penelitian ini adalah penelitian true Eksperimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling yang berjumlah 30 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah garis dan sudut yang berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievment Division, dari kelas eksperimen I diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 55 dan standar deviasi 10.72. Dan kelas ekserimen II menggunakan model pembelajaran tipe Peer Teaching, dari kelas eksperimen II tersebut diperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 45 dan standar deviasi 9.43. Setelah kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji “t” dengan nilai thitung = 3,14 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel, ternyata thitung >ttabel pada taraf signifikan 5% atau 2,05  3,14. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif learning tipe student teams achievement division dan tipe peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa.</description><date>2020-04-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/3723/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20CITRA%20NUR%20ELIZA%201.pdf</identifier><identifier> Citra Nur Eliza, TM161280 and Hurmaini, Hurmaini and Yuliani Sundara, Vinny (2020) PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>3723</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Citra Nur Eliza, TM161280 Hurmaini, Hurmaini Yuliani Sundara, Vinny |
title |
PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI |
publishDate |
2020 |
topic |
000 Karya Umum 370 Pendidikan |
url |
http://repository.uinjambi.ac.id/3723/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20CITRA%20NUR%20ELIZA%201.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3723/ |
contents |
Tujuan penelitian adalah untuk membahas tentang hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ihsaniyah Muaro Jambi. Metode Penelitian ini adalah penelitian true Eksperimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling yang berjumlah 30 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah garis dan sudut yang berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievment Division, dari kelas eksperimen I diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 55 dan standar deviasi 10.72. Dan kelas ekserimen II menggunakan model pembelajaran tipe Peer Teaching, dari kelas eksperimen II tersebut diperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 45 dan standar deviasi 9.43. Setelah kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji âtâ dengan nilai thitung = 3,14 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel, ternyata thitung >ttabel pada taraf signifikan 5% atau 2,05 ïĵ 3,14. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif learning tipe student teams achievement division dan tipe peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa. |
id |
IOS7065.3723 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
institution_id |
1239 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
library_id |
1111 |
collection |
Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
repository_id |
7065 |
subject_area |
Education Islamic Science Philosophy |
city |
MUARO JAMBI |
province |
JAMBI |
repoId |
IOS7065 |
first_indexed |
2020-08-11T03:05:03Z |
last_indexed |
2022-10-14T05:34:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1746641607697891328 |
score |
17.538404 |