PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI

Main Authors: Citra Nur Eliza, TM161280, Hurmaini, Hurmaini, Yuliani Sundara, Vinny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3723/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20CITRA%20NUR%20ELIZA%201.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3723/
ctrlnum 3723
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/3723/</relation><title>PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI</title><creator>Citra Nur Eliza, TM161280</creator><creator>Hurmaini, Hurmaini</creator><creator>Yuliani Sundara, Vinny</creator><subject>000 Karya Umum</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian adalah untuk membahas tentang hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ihsaniyah Muaro Jambi. Metode Penelitian ini adalah penelitian true Eksperimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling yang berjumlah 30 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah garis dan sudut yang berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievment Division, dari kelas eksperimen I diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 55 dan standar deviasi 10.72. Dan kelas ekserimen II menggunakan model pembelajaran tipe Peer Teaching, dari kelas eksperimen II tersebut diperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 45 dan standar deviasi 9.43. Setelah kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji &#x201C;t&#x201D; dengan nilai thitung = 3,14 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel, ternyata thitung &gt;ttabel pada taraf signifikan 5% atau 2,05 &#xF03C; 3,14. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif learning tipe student teams achievement division dan tipe peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa.</description><date>2020-04-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/3723/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20CITRA%20NUR%20ELIZA%201.pdf</identifier><identifier> Citra Nur Eliza, TM161280 and Hurmaini, Hurmaini and Yuliani Sundara, Vinny (2020) PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>3723</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Citra Nur Eliza, TM161280
Hurmaini, Hurmaini
Yuliani Sundara, Vinny
title PERBANDINGAN ANTARA HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISION DENGAN HASIL BELAJAR PEER TEACHING DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI
publishDate 2020
topic 000 Karya Umum
370 Pendidikan
url http://repository.uinjambi.ac.id/3723/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20CITRA%20NUR%20ELIZA%201.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3723/
contents Tujuan penelitian adalah untuk membahas tentang hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Ihsaniyah Muaro Jambi. Metode Penelitian ini adalah penelitian true Eksperimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling yang berjumlah 30 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah garis dan sudut yang berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievment Division, dari kelas eksperimen I diperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 55 dan standar deviasi 10.72. Dan kelas ekserimen II menggunakan model pembelajaran tipe Peer Teaching, dari kelas eksperimen II tersebut diperoleh nilai tertinggi 80, nilai terendah 45 dan standar deviasi 9.43. Setelah kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji “t” dengan nilai thitung = 3,14 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel, ternyata thitung >ttabel pada taraf signifikan 5% atau 2,05 ï€ĵ 3,14. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif learning tipe student teams achievement division dan tipe peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa.
id IOS7065.3723
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS7065
first_indexed 2020-08-11T03:05:03Z
last_indexed 2022-10-14T05:34:47Z
recordtype dc
_version_ 1746641607697891328
score 17.538404