PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 146/IX DESA PARIT KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | Fittratun Nafisah, TPG161884, Shalahudin, Shalahudin, Siregar, Nasyariah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3585/1/Fittratun%20Nafisah%2C%20TPG.161884.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3585/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian adalah rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, diamana kurangnya metode, model maupun strategi yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran Tematik ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di SDN 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan kekatifan belajar siswa pada Tema Cita-Citaku Subtema Giat Meraih Cita-Cita. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktifitas belajar siwa pada siklus I sebesar 63% dan siklus II 77,5%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 3,1 dengan kategori “mendekati aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 4,1 dengan kategori “mendekati aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi telah tercapai dengan baik Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Teams Games Tournament, Pembelajaran Tematik