IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWWARAH KOTA JAMBI
Main Authors: | AYU NURHANIFAH, TPG. 151651, Hakim, Lukman, Sari, Sri Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2956/1/AYU%20NURHANIFAH%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2956/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang implemtasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan merumuskan permasalahan yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, dengan subjek penelitian berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta pemberian tes. sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. hal ini terlihat dari aktifitas belajar siswa setelah belajar menggunakan Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berada pada predikat cukup, baik dan sangat baik. data menunjukan siswa telah memiliki aktivitas yang tinggi dan semangat dalam belajar. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan hasil siswa. Hal dapat dilihat dari hasil evaluasi yang penulis lakukan dari siklus I dan II hasil belajar telah mencapai persentase diatas 70% dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.