IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWWARAH KOTA JAMBI

Main Authors: AYU NURHANIFAH, TPG. 151651, Hakim, Lukman, Sari, Sri Yulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2956/1/AYU%20NURHANIFAH%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2956/
ctrlnum 2956
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/2956/</relation><title>IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM&#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MADRASAH&#xD; IBTIDAIYAH AL-MUNAWWARAH&#xD; KOTA JAMBI</title><creator>AYU NURHANIFAH, TPG. 151651</creator><creator>Hakim, Lukman</creator><creator>Sari, Sri Yulia</creator><subject>2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah</subject><subject>2x7.3203 Metodologi</subject><description>Skripsi ini membahas tentang implemtasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating&#xD; Trio Exchange (RTE) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian&#xD; Tindakan Kelas (PTK), dengan merumuskan permasalahan yaitu apakah dengan&#xD; menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi.&#xD; Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, dengan subjek penelitian&#xD; berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara,&#xD; observasi, dokumentasi serta pemberian tes. sedangkan untuk analisis data penulis&#xD; menggunakan rumus persentase untuk mengetahui aktifitas belajar siswa dan hasil belajar&#xD; siswa secara keseluruhan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan model&#xD; pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas&#xD; dan hasil belajar. hal ini terlihat dari aktifitas belajar siswa setelah belajar menggunakan&#xD; Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berada pada predikat cukup, baik dan sangat&#xD; baik. data menunjukan siswa telah memiliki aktivitas yang tinggi dan semangat dalam&#xD; belajar. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange&#xD; (RTE) dapat meningkatkan hasil siswa. Hal dapat dilihat dari hasil evaluasi yang penulis&#xD; lakukan dari siklus I dan II hasil belajar telah mencapai persentase diatas 70% dan telah&#xD; mencapai kriteria ketuntasan minimal.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/2956/1/AYU%20NURHANIFAH%20-%20Dinni%20Computer.pdf</identifier><identifier> AYU NURHANIFAH, TPG. 151651 and Hakim, Lukman and Sari, Sri Yulia (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWWARAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. </identifier><recordID>2956</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AYU NURHANIFAH, TPG. 151651
Hakim, Lukman
Sari, Sri Yulia
title IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWWARAH KOTA JAMBI
publishDate 2019
topic 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
2x7.3203 Metodologi
url http://repository.uinjambi.ac.id/2956/1/AYU%20NURHANIFAH%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2956/
contents Skripsi ini membahas tentang implemtasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan merumuskan permasalahan yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, dengan subjek penelitian berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta pemberian tes. sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. hal ini terlihat dari aktifitas belajar siswa setelah belajar menggunakan Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berada pada predikat cukup, baik dan sangat baik. data menunjukan siswa telah memiliki aktivitas yang tinggi dan semangat dalam belajar. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan hasil siswa. Hal dapat dilihat dari hasil evaluasi yang penulis lakukan dari siklus I dan II hasil belajar telah mencapai persentase diatas 70% dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.
id IOS7065.2956
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS7065
first_indexed 2020-05-27T00:18:03Z
last_indexed 2022-10-14T05:34:35Z
recordtype dc
_version_ 1746641600639926272
score 17.538404