PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 75/X RANTAU JAYA

Main Authors: DWI SEPTIN ANJAS SARI, TPG151662, Ahmad, Saidah, Siregar, Nasyariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2642/1/DWI%20SEPTIN%20ANJAS%20SARI%20TPG.%20151662%20-%20Dwi%20Septin.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2642/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya dengan penerapan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya, sedangkan objek penelitian adalah penerapan matematika realistik meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika bangun datar. Data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dokumentasi, Tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri darireduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, analisis stastistik sederhana untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Matematika Realistik dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat diukur dari evaluasi siklus I, siklus II dengan nilai Tes hasil belajar siswa pada siklus I 65,31 % siklus II 73,86 %, dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya telah mencapai ketuntasan belajar.