PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 75/X RANTAU JAYA

Main Authors: DWI SEPTIN ANJAS SARI, TPG151662, Ahmad, Saidah, Siregar, Nasyariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2642/1/DWI%20SEPTIN%20ANJAS%20SARI%20TPG.%20151662%20-%20Dwi%20Septin.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2642/
ctrlnum 2642
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/2642/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 75/X RANTAU JAYA</title><creator>DWI SEPTIN ANJAS SARI, TPG151662</creator><creator>Ahmad, Saidah</creator><creator>Siregar, Nasyariah</creator><subject>500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika</subject><description>Skripsi ini membahas tentang penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya dengan penerapan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya, sedangkan objek penelitian adalah penerapan matematika realistik meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika bangun datar. Data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dokumentasi, Tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri darireduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, analisis stastistik sederhana untuk data kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Matematika Realistik dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat diukur dari evaluasi siklus I, siklus II dengan nilai Tes hasil belajar siswa pada siklus I 65,31 % siklus II 73,86 %, dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya telah mencapai ketuntasan belajar.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/2642/1/DWI%20SEPTIN%20ANJAS%20SARI%20TPG.%20151662%20-%20Dwi%20Septin.pdf</identifier><identifier> DWI SEPTIN ANJAS SARI, TPG151662 and Ahmad, Saidah and Siregar, Nasyariah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 75/X RANTAU JAYA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>2642</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DWI SEPTIN ANJAS SARI, TPG151662
Ahmad, Saidah
Siregar, Nasyariah
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 75/X RANTAU JAYA
publishDate 2019
topic 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
url http://repository.uinjambi.ac.id/2642/1/DWI%20SEPTIN%20ANJAS%20SARI%20TPG.%20151662%20-%20Dwi%20Septin.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2642/
contents Skripsi ini membahas tentang penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya dengan penerapan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya, sedangkan objek penelitian adalah penerapan matematika realistik meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika bangun datar. Data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dokumentasi, Tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri darireduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, analisis stastistik sederhana untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Matematika Realistik dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat diukur dari evaluasi siklus I, siklus II dengan nilai Tes hasil belajar siswa pada siklus I 65,31 % siklus II 73,86 %, dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 75/X Rantau Jaya telah mencapai ketuntasan belajar.
id IOS7065.2642
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7065
first_indexed 2020-05-27T00:17:58Z
last_indexed 2022-06-14T03:47:12Z
recordtype dc
_version_ 1735598713668108288
score 17.538404