PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ADHYAK SA 1 KOTA JAMBI
Main Authors: | SYEILIVA AMELIA, TM. 140765, Usmar, Ali, Muhammad, Hasbi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2499/1/SYEILIVA%20AMELIA%20TM140765%20TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20Syeiliva%20Amelia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2499/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri Adhyaksa 1 Kota Jambi pada Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini diadakan berdasarkan pengamatan dan wawancara pada siswa bahwasanya terhadap permasalahan matematis siswa kelas X. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membantu siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematis dengan melalui sebuah pendekatan pembelajaran Somatis, Audiori, Visual, Intelektual (SAVI). Data penelitian ini merupakan jenis data primer yang diperoleh dari pembelajaran langsung yang dilakukan oleh peneliti terhadap sampel dan diperoleh data nilai tes akademik. Penelitian ini menggunakan salah satu Ilmu Statistika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Hal ini terjadi karena pada metode pembelajaran berbasis masalah siswa dituntut untuk lebih aktif didalam proses belajar, dan siswa juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pentingnya model pembelajaran atau metode pembelajaran yang bervariasi dalam mengelola proses pembelajaran. Penggunaan model atau metode pembelajaran yang tepat sangat diperlukan agar penyampaian materi tercapai dengan baik.