MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN PARENTING EDUCATION ANAK USIA 5-6 TAHUN DITAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-HIJRAH KOTA JAMBI

Main Authors: SURATNAH, MPU.15.2.2346, Mukhtar, Mukhtar, Risnita, Risnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2489/1/SURATNAH_MPU1522346_PASCASARJANA_PIAUD%20%282%29_compressed%20-%20SURATNAH%20RATNA.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2489/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada kegiatan Parenting Education dalam meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat kegiatan Parenting Education dalam meningkatkan kecerdasan Naturalis anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Diadakan di Taman kanak-kanak Islam AL-Hijrah kota Jambi. Penelitian ini menggunakan 17 orang anak yang berusia 5-6 tahun sebagai partisipan. Model penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model rancangan kemmis dan Taggart dengan mengunakan 3 siklus dari masing-masing siklus menggunakan empat langkah yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (RTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kwantitatif serta untuk mendapatkan persentase mrnggunakan skala likert. Hasil penelitian dengan kegiatan parenting Education dalam meningkatkan kecerdasan Naturalis anak semakin meningkat yaitu pada prasiklus kemampuan anak 54,76%, siklus 1 kemampuan anak 74,13%, siklus 2 kemampuan anak 80,26%. dan siklus 3 kemampuan anak 82,90%. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan parenting dapat meningkatkan kecerdasan Naturalis anak pada kelompok B1 dikelompok Taman Knak-kanak Islam Al-Hijrah Kota Jambi. Berdasarkan penelitian tindakan ini implikasi secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu guru dalam pemahaman dan pengetahuan baru bagi guru sehingga guru dapat menerapkan untuk selanjutnya’