MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN PARENTING EDUCATION ANAK USIA 5-6 TAHUN DITAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-HIJRAH KOTA JAMBI
Main Authors: | SURATNAH, MPU.15.2.2346, Mukhtar, Mukhtar, Risnita, Risnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2489/1/SURATNAH_MPU1522346_PASCASARJANA_PIAUD%20%282%29_compressed%20-%20SURATNAH%20RATNA.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2489/ |
ctrlnum |
2489 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/2489/</relation><title>MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN
PARENTING EDUCATION ANAK USIA 5-6 TAHUN DITAMAN KANAK-KANAK ISLAM
AL-HIJRAH KOTA JAMBI</title><creator>SURATNAH, MPU.15.2.2346</creator><creator>Mukhtar, Mukhtar</creator><creator>Risnita, Risnita</creator><subject>370 Pendidikan</subject><subject>372 Pendidikan Dasar</subject><description>Penelitian ini berfokus pada kegiatan Parenting Education dalam
meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan melihat kegiatan Parenting Education dalam meningkatkan
kecerdasan Naturalis anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Diadakan di
Taman kanak-kanak Islam AL-Hijrah kota Jambi. Penelitian ini menggunakan
17 orang anak yang berusia 5-6 tahun sebagai partisipan.
Model penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan
model rancangan kemmis dan Taggart dengan mengunakan 3 siklus dari
masing-masing siklus menggunakan empat langkah yaitu : perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (RTK)
menggunakan pendekatan kualitatif dan kwantitatif serta untuk mendapatkan
persentase mrnggunakan skala likert.
Hasil penelitian dengan kegiatan parenting Education dalam
meningkatkan kecerdasan Naturalis anak semakin meningkat yaitu pada
prasiklus kemampuan anak 54,76%, siklus 1 kemampuan anak 74,13%, siklus
2 kemampuan anak 80,26%. dan siklus 3 kemampuan anak 82,90%.
Dapat disimpulkan bahwa kegiatan parenting dapat meningkatkan
kecerdasan Naturalis anak pada kelompok B1 dikelompok Taman Knak-kanak
Islam Al-Hijrah Kota Jambi. Berdasarkan penelitian tindakan ini implikasi
secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu guru dalam
pemahaman dan pengetahuan baru bagi guru sehingga guru dapat
menerapkan untuk selanjutnya’</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/2489/1/SURATNAH_MPU1522346_PASCASARJANA_PIAUD%20%282%29_compressed%20-%20SURATNAH%20RATNA.pdf</identifier><identifier> SURATNAH, MPU.15.2.2346 and Mukhtar, Mukhtar and Risnita, Risnita (2019) MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN PARENTING EDUCATION ANAK USIA 5-6 TAHUN DITAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-HIJRAH KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin. </identifier><recordID>2489</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SURATNAH, MPU.15.2.2346 Mukhtar, Mukhtar Risnita, Risnita |
title |
MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN
PARENTING EDUCATION ANAK USIA 5-6 TAHUN DITAMAN KANAK-KANAK ISLAM
AL-HIJRAH KOTA JAMBI |
publishDate |
2019 |
topic |
370 Pendidikan 372 Pendidikan Dasar |
url |
http://repository.uinjambi.ac.id/2489/1/SURATNAH_MPU1522346_PASCASARJANA_PIAUD%20%282%29_compressed%20-%20SURATNAH%20RATNA.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2489/ |
contents |
Penelitian ini berfokus pada kegiatan Parenting Education dalam
meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan melihat kegiatan Parenting Education dalam meningkatkan
kecerdasan Naturalis anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Diadakan di
Taman kanak-kanak Islam AL-Hijrah kota Jambi. Penelitian ini menggunakan
17 orang anak yang berusia 5-6 tahun sebagai partisipan.
Model penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan
model rancangan kemmis dan Taggart dengan mengunakan 3 siklus dari
masing-masing siklus menggunakan empat langkah yaitu : perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (RTK)
menggunakan pendekatan kualitatif dan kwantitatif serta untuk mendapatkan
persentase mrnggunakan skala likert.
Hasil penelitian dengan kegiatan parenting Education dalam
meningkatkan kecerdasan Naturalis anak semakin meningkat yaitu pada
prasiklus kemampuan anak 54,76%, siklus 1 kemampuan anak 74,13%, siklus
2 kemampuan anak 80,26%. dan siklus 3 kemampuan anak 82,90%.
Dapat disimpulkan bahwa kegiatan parenting dapat meningkatkan
kecerdasan Naturalis anak pada kelompok B1 dikelompok Taman Knak-kanak
Islam Al-Hijrah Kota Jambi. Berdasarkan penelitian tindakan ini implikasi
secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu guru dalam
pemahaman dan pengetahuan baru bagi guru sehingga guru dapat
menerapkan untuk selanjutnya’ |
id |
IOS7065.2489 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
1239 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
library_id |
1111 |
collection |
Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
repository_id |
7065 |
subject_area |
Education Islamic Science Philosophy |
city |
MUARO JAMBI |
province |
JAMBI |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7065 |
first_indexed |
2020-05-27T00:17:55Z |
last_indexed |
2022-06-14T03:47:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1735598712928862208 |
score |
17.538404 |