PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KABUPATEN TEBO

Main Authors: ELIZA SISKA, TB.140440, Armida, Armida, Gusriani, Nanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2385/1/TB140440_ELIZA%20SISKA_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20eliza%20siska.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2385/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Tebo. PenelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakandesainQuasi Exsperimentdesign.Teknik pengambilan sampleyang dilakukandalampenelitianinicluster random samplingTeknik pengumpulan data dilakukandenganteshasilbelajarsiswa.Berdasarkanhasilperhitungandenganmenggunakan ujit, penelitimenemukanbahwamelalui proses interpolasidiperoleh adalah= 3,339dan lebih besar dari ttabel(baik pada taraf signifikasi 5% maupun dari taraf 1% artinya 2,02 < 3,972 > 2,69, maka Ha(hipotesis alternatife) diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metodebrainstormingterhadap hasil Belajar IPA terpaduSiswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Tebo