PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI
Main Authors: | NURHASANAH, TM151258, Hurmaini, Hurmaini, Wulanda, Mastarita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2093/1/NURHASANAH%20TM151258%20-%20NurHasanah%20Engget.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2093/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan Bahan Ajar Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Berbasis Konstruktivisme. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat 4-D oleh Thiagarajan Semmel, dan Semmel (1974). Untuk memperoleh hasil validasi, digunakan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Uji coba dilakukan di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Mahdaliyah Kota Jambi. Hasil validasi ahli bahasa sebesar 78,125%, ahli desain sebesar 90,91% dan ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Angket respon guru sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis dan angket persepsi siswa terhadap bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme sebesar 3,84 dengan kategori sangat efektif. Oleh karena itu, bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme sudah layak digunakan dalam pembelajaran matematika