PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI

Main Authors: NURHASANAH, TM151258, Hurmaini, Hurmaini, Wulanda, Mastarita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2093/1/NURHASANAH%20TM151258%20-%20NurHasanah%20Engget.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2093/
ctrlnum 2093
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/2093/</relation><title>PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI</title><creator>NURHASANAH, TM151258</creator><creator>Hurmaini, Hurmaini</creator><creator>Wulanda, Mastarita</creator><subject>510 Matematika</subject><description>Pengembangan Bahan Ajar Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Berbasis Konstruktivisme. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat 4-D oleh Thiagarajan Semmel, dan Semmel (1974). Untuk memperoleh hasil validasi, digunakan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Uji coba dilakukan di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Mahdaliyah Kota Jambi. Hasil validasi ahli bahasa sebesar 78,125%, ahli desain sebesar 90,91% dan ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Angket respon guru sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis dan angket persepsi siswa terhadap bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme sebesar 3,84 dengan kategori sangat efektif. Oleh karena itu, bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme sudah layak digunakan dalam pembelajaran matematika</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/2093/1/NURHASANAH%20TM151258%20-%20NurHasanah%20Engget.pdf</identifier><identifier> NURHASANAH, TM151258 and Hurmaini, Hurmaini and Wulanda, Mastarita (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin. </identifier><recordID>2093</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURHASANAH, TM151258
Hurmaini, Hurmaini
Wulanda, Mastarita
title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI
publishDate 2019
topic 510 Matematika
url http://repository.uinjambi.ac.id/2093/1/NURHASANAH%20TM151258%20-%20NurHasanah%20Engget.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2093/
contents Pengembangan Bahan Ajar Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Berbasis Konstruktivisme. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat 4-D oleh Thiagarajan Semmel, dan Semmel (1974). Untuk memperoleh hasil validasi, digunakan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Uji coba dilakukan di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Mahdaliyah Kota Jambi. Hasil validasi ahli bahasa sebesar 78,125%, ahli desain sebesar 90,91% dan ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Angket respon guru sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis dan angket persepsi siswa terhadap bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme sebesar 3,84 dengan kategori sangat efektif. Oleh karena itu, bahan ajar bilangan berpangkat dan bentuk akar berbasis konstruktivisme sudah layak digunakan dalam pembelajaran matematika
id IOS7065.2093
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7065
first_indexed 2020-05-27T00:17:44Z
last_indexed 2022-06-14T03:46:59Z
recordtype dc
_version_ 1735598710405988352
score 17.538404