SEJARAH PERKEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN DI KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 1991-2017 (KAJIAN SEJARAH SOSIAL)

Main Authors: NURUL KOMARIA, AS. 140401, Aliyas, Aliyas, Gunawan, Hendra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2087/1/NURUL%20KOMARIA_AS.140401_SEJARAH%20PERADABAN%20ISLAM%20-%20nurul%20aminullah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2087/
ctrlnum 2087
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/2087/</relation><title>SEJARAH PERKEMBANGAN MADRASAH&#xD; IBTIDAIYAH NURUL IMAN DI KECAMATAN&#xD; MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG&#xD; TIMUR TAHUN 1991-2017 (KAJIAN SEJARAH&#xD; SOSIAL)</title><creator>NURUL KOMARIA, AS. 140401</creator><creator>Aliyas, Aliyas</creator><creator>Gunawan, Hendra</creator><subject>300 Ilmu Sosial</subject><subject>2x7.2 Dakwah</subject><description>Penelitian ini membahas tentang Sejarah Perkembangan Madrasah Ibtidaiyah&#xD; Nurul Iman Di Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun&#xD; 1991-2017 (Kajian Sejarah Sosial). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui&#xD; peran sosial Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman di Kecamatan Mendahara.&#xD; penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan deskriptif&#xD; kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman&#xD; di Kecamatan Mendahara memiliki peran sosial yakni keterlibatan para siswa/i&#xD; dalam berbagai kegiatan di tengah-tengah masyarakat Kec. Mendahara Kabupaten&#xD; Tanjung Jabung Timur baik dalam hal kegiatan keagamaan maupun kegiatan harihari nasional. Namun dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut mengalami&#xD; beberapa kendala dari mulai kurang nya tenaga pengajar yang memiliki&#xD; pengalaman di berbagai bidang seperti seni tari, drumbands, dan lain-lain&#xD; membuat kegiatan sosial atau ekstrakurikuler tidak berjalan dengan baik. Akan&#xD; tetapi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman juga telah berusaha untuk merekrut&#xD; beberapa guru dan tenaga pengajar yang siap membantu untuk melaksanakan&#xD; berbagai kegiatan para siswa/i baik dalam bidang sosial maupun ekstrakurikuler&#xD; dan lain-lain nya. Akan tetapi hal ini tidak mempengaruhi para siswa/i untuk tidak&#xD; terlibat secara langsung dan berbaur dengan masyarakat Kec. Mendahara dan ini&#xD; yang menyebabkan minat para siswa/i semakin bertambah banyak ingin&#xD; bersekolah di sini. Tetapi di lain sisi keterbatasan lahan dan ruang menyebabkan&#xD; beberapa kegiatan harus di sesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan seperti&#xD; tidak adanya fasilitas lapangan ataupun ruangan serbaguna yang akan digunakan&#xD; untuk berbagai kegiatan di lingkungan sekolah.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/2087/1/NURUL%20KOMARIA_AS.140401_SEJARAH%20PERADABAN%20ISLAM%20-%20nurul%20aminullah.pdf</identifier><identifier> NURUL KOMARIA, AS. 140401 and Aliyas, Aliyas and Gunawan, Hendra (2019) SEJARAH PERKEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN DI KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 1991-2017 (KAJIAN SEJARAH SOSIAL). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin. </identifier><recordID>2087</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURUL KOMARIA, AS. 140401
Aliyas, Aliyas
Gunawan, Hendra
title SEJARAH PERKEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN DI KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN 1991-2017 (KAJIAN SEJARAH SOSIAL)
publishDate 2019
topic 300 Ilmu Sosial
2x7.2 Dakwah
url http://repository.uinjambi.ac.id/2087/1/NURUL%20KOMARIA_AS.140401_SEJARAH%20PERADABAN%20ISLAM%20-%20nurul%20aminullah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2087/
contents Penelitian ini membahas tentang Sejarah Perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Di Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 1991-2017 (Kajian Sejarah Sosial). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran sosial Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman di Kecamatan Mendahara. penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman di Kecamatan Mendahara memiliki peran sosial yakni keterlibatan para siswa/i dalam berbagai kegiatan di tengah-tengah masyarakat Kec. Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur baik dalam hal kegiatan keagamaan maupun kegiatan harihari nasional. Namun dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut mengalami beberapa kendala dari mulai kurang nya tenaga pengajar yang memiliki pengalaman di berbagai bidang seperti seni tari, drumbands, dan lain-lain membuat kegiatan sosial atau ekstrakurikuler tidak berjalan dengan baik. Akan tetapi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman juga telah berusaha untuk merekrut beberapa guru dan tenaga pengajar yang siap membantu untuk melaksanakan berbagai kegiatan para siswa/i baik dalam bidang sosial maupun ekstrakurikuler dan lain-lain nya. Akan tetapi hal ini tidak mempengaruhi para siswa/i untuk tidak terlibat secara langsung dan berbaur dengan masyarakat Kec. Mendahara dan ini yang menyebabkan minat para siswa/i semakin bertambah banyak ingin bersekolah di sini. Tetapi di lain sisi keterbatasan lahan dan ruang menyebabkan beberapa kegiatan harus di sesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan seperti tidak adanya fasilitas lapangan ataupun ruangan serbaguna yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan di lingkungan sekolah.
id IOS7065.2087
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7065
first_indexed 2020-05-27T00:17:44Z
last_indexed 2022-06-14T03:46:59Z
recordtype dc
_version_ 1735598710375579648
score 17.538404