PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI
Main Authors: | FITRI SOVIYANI, TPG. 151674, Idris, Ilyas, Al-Ihwanah, Al-Ihwanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1367/1/FITRI%20SOVIYANI-TPG151674%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1367/ |
Daftar Isi:
- Hasil Belajar didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau keterlambatan. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan regresi berganda serta jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Dalam penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05 maka signifikansi Variabel X sebesar 0.000 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar (Y) dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan agar dapat meningkatkan peran orang tua dan pergaulan teman sebaya karena kedua variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.