PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI

Main Authors: FITRI SOVIYANI, TPG. 151674, Idris, Ilyas, Al-Ihwanah, Al-Ihwanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1367/1/FITRI%20SOVIYANI-TPG151674%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1367/
ctrlnum 1367
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/1367/</relation><title>PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR&#xD; SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA&#xD; JAMBI</title><creator>FITRI SOVIYANI, TPG. 151674</creator><creator>Idris, Ilyas</creator><creator>Al-Ihwanah, Al-Ihwanah</creator><subject>300 Ilmu Sosial</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Hasil Belajar didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu&#xD; berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau&#xD; keterlambatan. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern&#xD; maupun ekstern. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah teman sebaya.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil&#xD; belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Penelitian ini&#xD; menggunakan pendekatan regresi berganda serta jenis penelitiannya adalah&#xD; kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Data&#xD; dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Dalam&#xD; penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05 maka signifikansi Variabel X&#xD; sebesar 0.000 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak&#xD; dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif&#xD; dan signifikan antara variabel Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar (Y) dapat&#xD; diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat&#xD; pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota&#xD; Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan agar dapat&#xD; meningkatkan peran orang tua dan pergaulan teman sebaya karena kedua variabel&#xD; ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.</description><date>2019-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/1367/1/FITRI%20SOVIYANI-TPG151674%20-%20Dinni%20Computer.pdf</identifier><identifier> FITRI SOVIYANI, TPG. 151674 and Idris, Ilyas and Al-Ihwanah, Al-Ihwanah (2019) PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin. </identifier><recordID>1367</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FITRI SOVIYANI, TPG. 151674
Idris, Ilyas
Al-Ihwanah, Al-Ihwanah
title PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI
publishDate 2019
topic 300 Ilmu Sosial
370 Pendidikan
url http://repository.uinjambi.ac.id/1367/1/FITRI%20SOVIYANI-TPG151674%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1367/
contents Hasil Belajar didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau keterlambatan. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan regresi berganda serta jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Dalam penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05 maka signifikansi Variabel X sebesar 0.000 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar (Y) dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan agar dapat meningkatkan peran orang tua dan pergaulan teman sebaya karena kedua variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.
id IOS7065.1367
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7065
first_indexed 2020-04-17T16:10:36Z
last_indexed 2022-06-14T03:46:42Z
recordtype dc
_version_ 1735598707321077760
score 17.538404