PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI
Main Authors: | FITRI SOVIYANI, TPG. 151674, Idris, Ilyas, Al-Ihwanah, Al-Ihwanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1367/1/FITRI%20SOVIYANI-TPG151674%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1367/ |
ctrlnum |
1367 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/1367/</relation><title>PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA
JAMBI</title><creator>FITRI SOVIYANI, TPG. 151674</creator><creator>Idris, Ilyas</creator><creator>Al-Ihwanah, Al-Ihwanah</creator><subject>300 Ilmu Sosial</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Hasil Belajar didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu
berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau
keterlambatan. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern
maupun ekstern. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah teman sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil
belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Penelitian ini
menggunakan pendekatan regresi berganda serta jenis penelitiannya adalah
kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Data
dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Dalam
penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05 maka signifikansi Variabel X
sebesar 0.000 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak
dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara variabel Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar (Y) dapat
diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota
Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan agar dapat
meningkatkan peran orang tua dan pergaulan teman sebaya karena kedua variabel
ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.</description><date>2019-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/1367/1/FITRI%20SOVIYANI-TPG151674%20-%20Dinni%20Computer.pdf</identifier><identifier> FITRI SOVIYANI, TPG. 151674 and Idris, Ilyas and Al-Ihwanah, Al-Ihwanah (2019) PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin. </identifier><recordID>1367</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FITRI SOVIYANI, TPG. 151674 Idris, Ilyas Al-Ihwanah, Al-Ihwanah |
title |
PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV KOTA
JAMBI |
publishDate |
2019 |
topic |
300 Ilmu Sosial 370 Pendidikan |
url |
http://repository.uinjambi.ac.id/1367/1/FITRI%20SOVIYANI-TPG151674%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1367/ |
contents |
Hasil Belajar didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu
berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau
keterlambatan. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern
maupun ekstern. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah teman sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil
belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota Jambi. Penelitian ini
menggunakan pendekatan regresi berganda serta jenis penelitiannya adalah
kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Data
dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Dalam
penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05 maka signifikansi Variabel X
sebesar 0.000 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak
dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara variabel Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar (Y) dapat
diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 31/IV Kota
Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan agar dapat
meningkatkan peran orang tua dan pergaulan teman sebaya karena kedua variabel
ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. |
id |
IOS7065.1367 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
1239 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
library_id |
1111 |
collection |
Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
repository_id |
7065 |
subject_area |
Education Islamic Science Philosophy |
city |
MUARO JAMBI |
province |
JAMBI |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7065 |
first_indexed |
2020-04-17T16:10:36Z |
last_indexed |
2022-06-14T03:46:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1735598707321077760 |
score |
17.538404 |