ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KONSUMSI PRODUK BERLABEL HALAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
Main Authors: | KHULALIL JANAH, EES150714, Pangiuk, Ambok, Mutia, Agustina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1306/1/EES150714_KHULALIL%20JANAH_EKONOMI%20SYARIAH%20-%20BAHARI%20KOMPUTER.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1306/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa mengkonsumsi produk berlabel halal. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu produk, harga, pelayanan dan lokasi.Variabel dependen yaitu motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang data-datanya berupa angket, sesuai dengan deskripsi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode random sampling. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Dengan pengujian hipotesis uji statistik f dan uji statistik t. Berdasarkan Uji simultan diperoleh nilai F = 14,026 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima serta dapat dinyatakan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen. Artinya variabel independen (produk, pelayanan, dan lokasi) berpengaruh terhadap variabel dependen (motivasi konsumsi). Berdasarkan Uji parsial diperoleh nilai signifikan variabel produk sebesar 0,082 > 0,05, variabel pelayanan diperoleh nilai signifikan 0,037 < 0,05, dan variabel lokasi diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak berarti bahwa pelayanan, dan lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai motivasi konsumsi, dan terdapat satu variabel yang tidak signifikan yaitu variabel produk yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima.