PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI
Main Authors: | Etik Dahlia, TB140443, Risnita, Risnita, Novalyan, Devie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1007/1/TB140443%20Etik%20Dahlia%20Pendidikan%20Biologi%20-%20etik%20dahlia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1007/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Muaro Jambi melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (membuat catatan terbimbing). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Tanggart. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis lembar observasi, pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 51, 47% dan pada siklus II mencapai 79, 31%, dengan peningkatan sebesar 26, 11%. Berdasarkan analisis angket keaktifan belajar siswa, pada siklus I mencapai 58, 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 81, 30% dengan peningkatan sebesar 22,6%.