PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI
Main Authors: | Etik Dahlia, TB140443, Risnita, Risnita, Novalyan, Devie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1007/1/TB140443%20Etik%20Dahlia%20Pendidikan%20Biologi%20-%20etik%20dahlia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1007/ |
ctrlnum |
1007 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/1007/</relation><title>PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE 
TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI</title><creator>Etik Dahlia, TB140443</creator><creator>Risnita, Risnita</creator><creator>Novalyan, Devie</creator><subject>370 Pendidikan</subject><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar
siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Muaro Jambi melalui penerapan metode
pembelajaran Guided Note Taking (membuat catatan terbimbing). Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model
Kemmis dan Tanggart. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing

siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Guided
Note Taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis
lembar observasi, pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 51, 47% dan
pada siklus II mencapai 79, 31%, dengan peningkatan sebesar 26, 11%.
Berdasarkan analisis angket keaktifan belajar siswa, pada siklus I mencapai 58,
70% dan pada siklus II meningkat menjadi 81, 30% dengan peningkatan sebesar
22,6%.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/1007/1/TB140443%20Etik%20Dahlia%20Pendidikan%20Biologi%20-%20etik%20dahlia.pdf</identifier><identifier> Etik Dahlia, TB140443 and Risnita, Risnita and Novalyan, Devie (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. </identifier><recordID>1007</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Etik Dahlia, TB140443 Risnita, Risnita Novalyan, Devie |
title |
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE
TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI |
publishDate |
2018 |
topic |
370 Pendidikan 371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uinjambi.ac.id/1007/1/TB140443%20Etik%20Dahlia%20Pendidikan%20Biologi%20-%20etik%20dahlia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1007/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar
siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Muaro Jambi melalui penerapan metode
pembelajaran Guided Note Taking (membuat catatan terbimbing). Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model
Kemmis dan Tanggart. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing
siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Guided
Note Taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis
lembar observasi, pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 51, 47% dan
pada siklus II mencapai 79, 31%, dengan peningkatan sebesar 26, 11%.
Berdasarkan analisis angket keaktifan belajar siswa, pada siklus I mencapai 58,
70% dan pada siklus II meningkat menjadi 81, 30% dengan peningkatan sebesar
22,6%. |
id |
IOS7065.1007 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
1239 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
library_id |
1111 |
collection |
Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
repository_id |
7065 |
subject_area |
Education Islamic Science Philosophy |
city |
MUARO JAMBI |
province |
JAMBI |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7065 |
first_indexed |
2020-03-03T21:00:12Z |
last_indexed |
2022-06-14T03:46:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1735598705758699520 |
score |
17.538404 |