PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

Main Authors: Etik Dahlia, TB140443, Risnita, Risnita, Novalyan, Devie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1007/1/TB140443%20Etik%20Dahlia%20Pendidikan%20Biologi%20-%20etik%20dahlia.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1007/
ctrlnum 1007
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/1007/</relation><title>PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE &#xD; TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI</title><creator>Etik Dahlia, TB140443</creator><creator>Risnita, Risnita</creator><creator>Novalyan, Devie</creator><subject>370 Pendidikan</subject><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar&#xD; siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Muaro Jambi melalui penerapan metode&#xD; pembelajaran Guided Note Taking (membuat catatan terbimbing). Penelitian ini&#xD; merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model&#xD; Kemmis dan Tanggart. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,&#xD; observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing&#xD; &#xD; siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data&#xD; menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan&#xD; dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Guided&#xD; Note Taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis&#xD; lembar observasi, pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 51, 47% dan&#xD; pada siklus II mencapai 79, 31%, dengan peningkatan sebesar 26, 11%.&#xD; Berdasarkan analisis angket keaktifan belajar siswa, pada siklus I mencapai 58,&#xD; 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 81, 30% dengan peningkatan sebesar&#xD; 22,6%.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/1007/1/TB140443%20Etik%20Dahlia%20Pendidikan%20Biologi%20-%20etik%20dahlia.pdf</identifier><identifier> Etik Dahlia, TB140443 and Risnita, Risnita and Novalyan, Devie (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. </identifier><recordID>1007</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Etik Dahlia, TB140443
Risnita, Risnita
Novalyan, Devie
title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (MEMBUAT CATATAN TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI
publishDate 2018
topic 370 Pendidikan
371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uinjambi.ac.id/1007/1/TB140443%20Etik%20Dahlia%20Pendidikan%20Biologi%20-%20etik%20dahlia.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1007/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Muaro Jambi melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (membuat catatan terbimbing). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Tanggart. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis lembar observasi, pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 51, 47% dan pada siklus II mencapai 79, 31%, dengan peningkatan sebesar 26, 11%. Berdasarkan analisis angket keaktifan belajar siswa, pada siklus I mencapai 58, 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 81, 30% dengan peningkatan sebesar 22,6%.
id IOS7065.1007
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7065
first_indexed 2020-03-03T21:00:12Z
last_indexed 2022-06-14T03:46:35Z
recordtype dc
_version_ 1735598705758699520
score 17.538404