Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kualitas pelayanan pada PT. Sinar Usaha Cemerlang. Untuk mengetahui kepuasan pelanggan pada PT. Sinar Usaha Cemerlang serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sinar Usaha Cemerlang. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada PT. Sinar Usaha Cemerlang sebanyak 58 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh sebanyak 58 perusahaan. Tehnik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan tehnik analisis data dengan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t hitung. Hasil penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sinar Usaha Cemerlang. Hal ini dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana yang didapat Y=21,815+0,445X, Artinya nilai (a) atau konstanta sebesar 21,815 nilai ini menunjukan bahwa pada saat kualitas pelayanan (X) bernilai nol atau tidak meningkat, maka kepuasan pelanggan (Y) akan tetap bernilai 21,815 koefisien regresi nilai (b) sebesar 0,445 (positif) yaitu menunjukkan pengaruh yang searah yang artinya setiap kenaikan kualitas pelayanan sebesar satu satuan maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,445 satuan. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,507 menunjukan bahwa hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sinar Usaha Cemerlang memiliki tingkat hubungan yang sedang, nilai koefisien determiasi sebesar 0,257 yang artinya bahwa kualitas pelayanan (X) memberikan kontribusi terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) sebesar 25,7%, sedangkan sisanya sebesar 74,3% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti varaibel harga, kualitas produk, promosi, citra merek, dan lokasi. Nilai thitung 4,406 > ttabel 2,0032 dengan Sig 0,00 < 0,05 Sesuai dengan kriteria Jika thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sinar Usaha Cemerlang. Kata kunci: kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan