Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan Terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Patra supplies and services Jakarta. (Studi Kasus PT.Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java) ( Skripsi Manajemen, 2015 )

Main Author: Sianipar, Maria Christian
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/341/1/Skripsi%20Akuntansi%20S1%20-%20BAB%20I.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/341/2/Skripsi%20Akuntansi%20S1%20-%20BAB%20II.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/341/3/Skripsi%20Akuntansi%20S1%20-%20BAB%20III.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/341/4/Skripsi%20Akuntansi%20S1%20-%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/341/5/Skripsi%20Akuntansi%20S1%20-%20BAB%20V.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/341/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis kulinerkhususnya industri catering / jasa boga di Indonesia saat ini semakinberkembangpesat, Hal ini tentunya akan memaksa setiap perusahaan untuk mencari strategi agar dapatmeraih kesuksesan dalam bisnisini. Kualitas produk dankualitaspelayanan bagi PT. Patra Supplies and Services sangatlah penting karena keduanya merupakan suatu strategi laba untuk memikat lebih banyak pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta menghindari berpindahnya pelanggan dan menciptakan keunggulan khusus. Oleh karena itu hal ini mengharuskan PT. Patra Supplies andServices memiliki keunggulan untuk mampu bersaing agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan dalam bisnis catering ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulan tersebut adalah dengan menerapkan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang tepat sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasanpelanggan pada PT. Patra Supplies and Services, diharapkan dalam penelitian ini dapat memberikan gambaran dan masukan bagi pihak perusahaan dalam mengenal faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data peneliti menyebarkan kuesioner kepada 85 orang respondenyang merupakan pekerja dari PT. Pertamina Hulu Energi (PHE ONWJ) yang bekerja di RIG lepas pantai (off shore).Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikan 10%. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 26 pertanyaan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis datakualitatif, Regresi linear berganda, Uji t, dan koefisien Determinasi. Dari hasil perhitungan analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa korelasi kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,753 atau r mendekati 1, hal ini berarti menunjukan tingkat hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil pengujian X1 rumus t maka thitung> ttabelyaitu 3,978 > 1,993yang artinya X1 berpengaruh signifikan terhadap Y. Dan hasil pengujian X2 rumus thitung> ttabelyaitu 3,555 > 1,993 yang artinya X2 berpengaruh signifikan terhadap Y. Nilai Adjusted R Square atau koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,567. Arti dari koefisien ini adalah bahwa sumbangan relatif yang diberikan oleh kombinasi variabel X1dan X2terhadap Y adalah sebesar56,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainyang tidak diteliti. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, danKepuasan Pelanggan.