Daftar Isi:
  • ABSTRAK ASTRI LESTARI., NIM 2013052910, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Pada KB-TK Islam Rodja Bojongsari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dilakukan oleh KB-TK Islam Rodja, untuk mengetahui kepuasan orang tua peserta didik KB-TK Islam Rodja, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang dilakukan oleh KB-TK Islam Rodja terhadap kepuasan orang tua peserta didik KB-TK Islam Rodja Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat asosiatif kuantitatif, yaitu penulis melakukan pembahasan atas permasalahan yang dihadapi sekolah terhadap kepuasan orang tua peserta didik dari segi pelayanan. Data-data analisis yang digunakan adalah data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif (data bersifat angka) dipadukan dengan beberapa model perhitungan, sehingga dapat menguji pengaruh antara variabel yang diteliti. Dengan jumlah populasi sebanyak 84 orang tua peserta didik dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan, studi dokumentasi, observasi dan menyebar kuesioner. Metode analisis data dengan menggunakan uji korelasi product moment, analisis regresi, uji determinasi, dan uji signifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan KB-TK Islam Rodja Bojongsari sudah cukup baik, hal ini dapat dibuktikan oleh hasil analisis jawaban responden dimana yang paling dominan adalah menjawab setuju. Tingkat kepuasan pelanggan juga sudah berada pada posisi baik, hal ini dibuktikan oleh hasil jawaban responden dominan menjawab setuju. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, diketahui adanya pengaruh korelasi positif kuat dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua peserta didik, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,788 yang termasuk kategori kuat (0,60 – 0,799). Kontribusi koefisien determinasi (KD) kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua peserta didik sebesar 62,09% sedangkan sisanya 100% - 62,09% = 37,91% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (11,583>1,989). Oleh karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan orang tua peserta didik (Y) pada KB-TK Islam Rodja Bojongsari-Depok. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Orang Tua Peserta Didik