Pengaruh Citra Merek Tehadap Keputusan Pembelian Pembalut Charm (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Putri Krempyang Tanjunganom Nganjuk)
Daftar Isi:
- Konsumen saat ini sangat kritis dalam memenuhi kebutuhan terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Bagi konsumen perempuan yang membutuhkan pembalut, merek menjadi salah satu hal utama dalam menentukan pilihan. Dimana merek mampu mewakili perasaan konsumen atas manfaat yang diterima. Manfaat tersebut akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Hal ini menjadi perhatian serius bagi perusahan pembalut tidak terkecuali dengan perusahaan Charm yang mampu unggul dalam kategori pembalut. Seperti halnya di pondok pesantren sebagai pengguna pembalut Charm terbanyak. Dengan banyaknya pemakaian pembalut Charm apakah hal ini disertai dengan pengetahuan mereka terkait merek. Mengingat di pondok pesantren kebiasaan hanya memakai kain saat haid. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui citra merek santri terhadap pembalut Charm. 2) Untuk mengetahui keputusan pembelian santri terhadap pembalut charm. 3) Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pembalut Charm. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1198 santri dengan menggunakan 135 santri sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dengan menggunaka tehnik porposive sampling. Metode pengumpulan data dengan angket, dokumentasi, serta analisis data statistik. Analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Citra Merek santri terhadap pembalut Charm di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Putri Krempyang Tanjunganom Nganjuk tergolong baik yakni 77,59. Hal tersebut dibuktikan dengan kepuasan responden terhadap pembalut Charm yang mampu menjalankan fungsinya sebagai pembalut yang berkualitas. 2) Keputusan pembelian santri terhadap pembalut Charm di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Putri Krempyang Tanjunganom Nganjuk tergolong baik yakni sebesar 76,85. Hal tersebut dibuktikan dengan responden yang merasa bahwa pembalut yang ideal untuk dipakai dan menjadikan Charm sebagai pembalut yang memenuhi kebutuhan mereka. 3) Citra Merek memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu berdasarkan R square sebesar 0,437, Sedangkan sisanya (100%-43,7%= 56,3%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Seperti kepribadian dan konsep diri, persepsi serta sikap.