Arti Penting Al-Qur’an bagi Anak-Anak (Studi Living Qur’an di TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur’an Mukuh-Kayen Kidul-Kediri)

Main Author: Rohmah, Binti Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainkediri.ac.id/282/1/Halaman%20Awal.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/2/skripsi%20lengkap.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/3/RIWAYAT%20PENULIS.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/4/PEDOMAN%20WAWANCARA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/5/LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/
ctrlnum 282
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/282/</relation><title>Arti Penting Al-Qur&#x2019;an bagi Anak-Anak (Studi Living Qur&#x2019;an di TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur&#x2019;an Mukuh-Kayen Kidul-Kediri)</title><creator>Rohmah, Binti Nur</creator><subject>220315 Philosophy of Religion</subject><description>Pada dasarnya, kajian al-Qur'an tidak selalu terfokus pada teks-teks al-Qur&#x2019;an dan kajian terhadap tafsir, maupun &#x2018;ulu&lt;m al-Qur'annya. Namun bisa meluas sampai pada wilayah sosiologi dan antropologi agama, yaitu ketika manusia mempergunakan al-Qur&#x2019;an dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang sering disebut dengan &#x201C;Living Qur&#x2019;an&#x201D;. Yakni al-Qur&#x2019;an yang hidup dalam masyarakat yang sejauh ini kurang mendapat perhatian di tengah-tengah arus utama studi al-Qur'an yang berkutat pada teks al-Qur'an. Oleh karena itu, penulis berusaha mengkaji hal tersebut karena dirasa menarik, disisi lain masih jarangnya living qur&#x2019;an dikaji di perguruan tinggi penulis. Adapun judul yang peneliti ambil adalah: ARTI PENTING AL-QUR&#x2019;AN BAGI ANAK-ANAK (Studi Living Qur&#x2019;an di TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur&#x2019;an Mukuh-Kayen Kidul-Kediri).&#xD; Dalam penelitian inipun dibatasi dua masalah penting yang perlu diteliti, yakni: pertama, Bagaimana makna al-Qur&#x2019;an di mata anak-anak? Dan yang kedua, Bagaimana upaya agar anak-anak bisa mencintai al-Qur&#x2019;an. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu studi living qur&#x2019;an TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur&#x2019;an yang terletak di dusun Bulu desa Mukuh Kayen kidul. Peneliti menggunakan tiga metode dalam proses pengumpulan data, yakni: pertama,metode observasi secara terlibat selama proses kegiatan belajar mengajar, kedua, wawancara dengan beberapa tokoh warga sebagai informan, dan pendapat santri tentang al-Qur&#x2019;an, ketiga, dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh melaui observasi dan wawancara.&#xD; Selama proses penelitian berlangsung hingga terselesainya penulisan skripsi ini, peneliti menemukan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di TPQ tersebut yang terkait dengan living qur&#x2019;an seperti kaligrafi, hafalan do&#x2019;a-do&#x2019;a, qira&#x2019;ah dan sebagainya. Selain dari itu didapat juga jawaban-jawaban atas masalah yang penulis tulis, yakni sebagian besar dari anak-anak di TPQ tersebut menganggap bahwasanya al-Qur&#x2019;an belulah menjadi sesuatu yang berharga bagi kehidupan mereka, akan tetapi masih sebagai lembaran-lembaran yang biasa saja. Untuk itu para ustadz berusa mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan berbagai upaya agar para murid terus berpegang teguh pada al-Qur&#x2019;an dan mereka tidaklah merasa bosan dengan menggalakkna berbagai macam cara yang menarik, yang disukai oleh anak-anak seperti menuangkan nuansa al-Qur&#x2019;an dalam bentuk menggambar, lomba islami, sholawat, dan lain sebagainya.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/282/1/Halaman%20Awal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/282/2/skripsi%20lengkap.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/282/3/RIWAYAT%20PENULIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/282/4/PEDOMAN%20WAWANCARA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/282/5/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Rohmah, Binti Nur (2017) Arti Penting Al-Qur&#x2019;an bagi Anak-Anak (Studi Living Qur&#x2019;an di TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur&#x2019;an Mukuh-Kayen Kidul-Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>282</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rohmah, Binti Nur
title Arti Penting Al-Qur’an bagi Anak-Anak (Studi Living Qur’an di TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur’an Mukuh-Kayen Kidul-Kediri)
publishDate 2017
topic 220315 Philosophy of Religion
url http://etheses.iainkediri.ac.id/282/1/Halaman%20Awal.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/2/skripsi%20lengkap.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/3/RIWAYAT%20PENULIS.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/4/PEDOMAN%20WAWANCARA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/5/LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/282/
contents Pada dasarnya, kajian al-Qur'an tidak selalu terfokus pada teks-teks al-Qur’an dan kajian terhadap tafsir, maupun ‘ulu<m al-Qur'annya. Namun bisa meluas sampai pada wilayah sosiologi dan antropologi agama, yaitu ketika manusia mempergunakan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang sering disebut dengan “Living Qur’an”. Yakni al-Qur’an yang hidup dalam masyarakat yang sejauh ini kurang mendapat perhatian di tengah-tengah arus utama studi al-Qur'an yang berkutat pada teks al-Qur'an. Oleh karena itu, penulis berusaha mengkaji hal tersebut karena dirasa menarik, disisi lain masih jarangnya living qur’an dikaji di perguruan tinggi penulis. Adapun judul yang peneliti ambil adalah: ARTI PENTING AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK (Studi Living Qur’an di TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur’an Mukuh-Kayen Kidul-Kediri). Dalam penelitian inipun dibatasi dua masalah penting yang perlu diteliti, yakni: pertama, Bagaimana makna al-Qur’an di mata anak-anak? Dan yang kedua, Bagaimana upaya agar anak-anak bisa mencintai al-Qur’an. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu studi living qur’an TPQ At Tarbiyyah Wat Tahfidzil Qur’an yang terletak di dusun Bulu desa Mukuh Kayen kidul. Peneliti menggunakan tiga metode dalam proses pengumpulan data, yakni: pertama,metode observasi secara terlibat selama proses kegiatan belajar mengajar, kedua, wawancara dengan beberapa tokoh warga sebagai informan, dan pendapat santri tentang al-Qur’an, ketiga, dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh melaui observasi dan wawancara. Selama proses penelitian berlangsung hingga terselesainya penulisan skripsi ini, peneliti menemukan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di TPQ tersebut yang terkait dengan living qur’an seperti kaligrafi, hafalan do’a-do’a, qira’ah dan sebagainya. Selain dari itu didapat juga jawaban-jawaban atas masalah yang penulis tulis, yakni sebagian besar dari anak-anak di TPQ tersebut menganggap bahwasanya al-Qur’an belulah menjadi sesuatu yang berharga bagi kehidupan mereka, akan tetapi masih sebagai lembaran-lembaran yang biasa saja. Untuk itu para ustadz berusa mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan berbagai upaya agar para murid terus berpegang teguh pada al-Qur’an dan mereka tidaklah merasa bosan dengan menggalakkna berbagai macam cara yang menarik, yang disukai oleh anak-anak seperti menuangkan nuansa al-Qur’an dalam bentuk menggambar, lomba islami, sholawat, dan lain sebagainya.
id IOS6979.282
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:31Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:11Z
recordtype dc
_version_ 1695295565843136512
score 17.538404