Daftar Isi:
  • Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Kepuasan konsumen perlu dipelihara dan ditingkatkan agar dapat menciptakan dan mempertahankan loyalitas terhadap merek. Jika pelanggan puas, maka mereka bertahan dan loyal untuk terus menggunakan sebuah produk. Pelanggan yang loyal merupakan asset perusahaan yang sangat bernilai. Adapun tujuan penelian ini adalah : 1) Mengetahui kepuasan konsumen terhadap roti Sariroti pada santri Pondok Pesantren Badrul Falah Ploso Kediri. 2) Mengetahui loyalitas santri Pondok Pesantren Badrul Falah Ploso Kediri terhadap roti merek Sariroti. 3) Mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek roti Sariroti pada santri Pondok Pesantren Badrul Falah Ploso Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Badrul Falah Ploso Kediri yang berjumlah 141 santri. Sampel data penelitian ini diperoleh sebanyak 34 santri. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi, wawancara dan analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepuasan konsumen (X) terhadap produk Sariroti pada santri pondok pesantren Badrul Falah Ploso Kediri tergolong kurang baik, yaitu 51,32%. Hal tersebut diakibatkan karena self esteem yang rendah dan produk yang disajikan pada kantin kurang variatif. 2) Loyalitas merek (Y) Sariroti pada santri pondok pesantren Badrul Falah Ploso Kediri tergolong kurang baik , yaitu terletak nilai 40,26%. 3) Kepuasan konsumen (X) mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel loyalitas merek (Y) Sariroti pada santri pondok pesantren Badrul Falah. Hal ini dibuktikan dengan R squere sebesar 840 yang berarti kepuasan konsumen (X) mempunyai pengaruh 84% terhadap loyalitas merek (Y). sedangkan sisanya (100% -84% = 16%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain. Perhitungan persamaan regresi sederhana adalah Y = 22,673 + 1,226X.