Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2013 STAIN Kediri
ctrlnum |
2224 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/</relation><title>Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning
Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi 
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2013 STAIN Kediri</title><creator>Rohmah, Binti Nurlaila</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Kondisi belajar di perguruan tinggi yang toleran menuntut mahasiswa untuk 
mampu mengatur waktunya dengan baik dan belajar dengan mandiri. Namun 
dengan kondisi yang toleran dapat memunculkan kecenderungan perilaku 
penundaan akademik atau prokrastinasi akademik. Banyak hal yang 
mempengaruhi tindakan prokrastinasi, diantaranya adalah self efficacy dan self 
regulated learning. Penelitian ini penting dilakukan untuk (1) mengetahui 
pengaruh antara self efficacyterhadap prokrastinasi akademik, (2) mengetahui 
pengaruh antara self regulated learningterhadap prokrastinasi akademik, (3) 
mengetahui pengaruh antara self efficacy dan self regulated learning terhadap 
prokrastinasi akademik.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelatif. Populasi dalam 
penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam 
Angkatan 2013 STAIN Kediri. Total sampel penelitian adalah 164 mahasiswa 
yang dipilih dengan teknik probability sampling berupa simple random sampling
yang mana semua subjek dari populasi dianggap sama. Data dalam penelitian ini 
dikumpulkan menggunakan skala self efficacy, skala self regulated learningdan 
skala prokrastinasi akademik. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis 
regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan 
antara self efficacyterhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan nilai 
koefisien regresi -0,669 dan thitung-7,492 (p<0,005), (2) terdapat pengaruh negatif
yang signifikan antara self regulated learningterhadap prokrastinasi 
akademikditunjukkan dengan nilai koefisien regresi -0,631 dan thitung�9,849(p<0,005), (3) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antaraself efficacy
dan self regulated learningsecara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik
yang ditunjukkan dengan nilaikoefisien determinasi (R Square) sebesar 0,395 (p<0,005).</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/1/932102812%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/2/932102812%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/3/932102812%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/4/932102812%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/5/932102812%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/6/932102812%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/7/932102812%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/8/932102812%20Daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Rohmah, Binti Nurlaila (2016) Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2013 STAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2224</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rohmah, Binti Nurlaila |
title |
Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning
Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2013 STAIN Kediri |
publishDate |
2016 |
topic |
130303 Education Assessment and Evaluation |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/1/932102812%20prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/2/932102812%20BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/3/932102812%20BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/4/932102812%20BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/5/932102812%20BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/6/932102812%20BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/7/932102812%20BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/8/932102812%20Daftar%20pustaka.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2224/ |
contents |
Kondisi belajar di perguruan tinggi yang toleran menuntut mahasiswa untuk
mampu mengatur waktunya dengan baik dan belajar dengan mandiri. Namun
dengan kondisi yang toleran dapat memunculkan kecenderungan perilaku
penundaan akademik atau prokrastinasi akademik. Banyak hal yang
mempengaruhi tindakan prokrastinasi, diantaranya adalah self efficacy dan self
regulated learning. Penelitian ini penting dilakukan untuk (1) mengetahui
pengaruh antara self efficacyterhadap prokrastinasi akademik, (2) mengetahui
pengaruh antara self regulated learningterhadap prokrastinasi akademik, (3)
mengetahui pengaruh antara self efficacy dan self regulated learning terhadap
prokrastinasi akademik.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam
Angkatan 2013 STAIN Kediri. Total sampel penelitian adalah 164 mahasiswa
yang dipilih dengan teknik probability sampling berupa simple random sampling
yang mana semua subjek dari populasi dianggap sama. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan menggunakan skala self efficacy, skala self regulated learningdan
skala prokrastinasi akademik. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis
regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan
antara self efficacyterhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan nilai
koefisien regresi -0,669 dan thitung-7,492 (p<0,005), (2) terdapat pengaruh negatif
yang signifikan antara self regulated learningterhadap prokrastinasi
akademikditunjukkan dengan nilai koefisien regresi -0,631 dan thitung�9,849(p<0,005), (3) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antaraself efficacy
dan self regulated learningsecara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik
yang ditunjukkan dengan nilaikoefisien determinasi (R Square) sebesar 0,395 (p<0,005). |
id |
IOS6979.2224 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:52:07Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:52:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295579851063296 |
score |
17.538404 |