Pemanfaatan Metode Mind Mapping dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTsN Bandar Kidul Kediri 1
Daftar Isi:
- Kata kunci: Mind Mapping, Aqidah Akhlak Pemanfaatan metode mind mapping sudah sering diterapkan dalam proses pembelajaran Aqidah akhlak di MTsN 1 Bandar Kidul Kediri 1. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru menerapkan metode mind mapping. Adapun yang menjadi fokus penelitiannya adalah Bagaimana guru menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran Aqidah akhlak MTsN Bandar Kidul Kediri 1? Dengan difokuskan pada 1. Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping 2. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping 3. Faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping. 4. Faktor yang menghambat proses pembelajaran aqidah akhlak MTsN 1 Kota Kediri. 5. Upaya guru dalam mengatasi hambatan metode mind mapping dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus yang berada di MTsN Bandar Kidul Kediri 1. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian, yaitu: Bagaimana guru menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran Aqidah akhlak MTsN Bandar Kidul Kediri 1? Dengan hasil yang diperoleh Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping sudah baik dengan dilihat dari perencanaan yang dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping sudah mengikuti tahap-tahap pembelajaran. Faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping adalah adanya guru yang profesional dan siswa yang aktif. Faktor yang menghambat proses pembelajaran aqidah akhlak MTsN 1 Kota Kediri yaitu media leptop yang dimiliki guru rusak, jam belajar pada siang hari dan jam mengajar yang sedikikit yaitu 2 jam dalam satu minggu. Upaya guru dalam mengatasi hambatan metode mind mapping yaitu penataran, memahami metode mind mapping, menguasai materi pembelajaran, meningkatkan kreatifitas guru, supervisi dan pengajaran mikro.