ctrlnum 2152
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/</relation><title>Pemanfaatan Metode Mind Mapping dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTsN Bandar Kidul Kediri 1</title><creator>SYAYIDAH, LAILY NUR</creator><subject>130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kata kunci: Mind Mapping, Aqidah Akhlak &#xD; Pemanfaatan metode mind mapping sudah sering diterapkan dalam proses pembelajaran Aqidah akhlak di MTsN 1 Bandar Kidul Kediri 1. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru menerapkan metode mind mapping. Adapun yang menjadi fokus penelitiannya adalah Bagaimana guru menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran Aqidah akhlak MTsN Bandar Kidul Kediri 1? Dengan difokuskan pada 1. Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping 2. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping 3. Faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping. 4. Faktor yang menghambat proses pembelajaran aqidah akhlak MTsN 1 Kota Kediri. 5. Upaya guru dalam mengatasi hambatan metode mind mapping dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus yang berada di MTsN Bandar Kidul Kediri 1. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. &#xD; Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian, yaitu: Bagaimana guru menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran Aqidah akhlak MTsN Bandar Kidul Kediri 1? Dengan hasil yang diperoleh Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping sudah baik dengan dilihat dari perencanaan yang dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping sudah mengikuti tahap-tahap pembelajaran. Faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping adalah adanya guru yang profesional dan siswa yang aktif. Faktor yang menghambat proses pembelajaran aqidah akhlak MTsN 1 Kota Kediri yaitu media leptop yang dimiliki guru rusak, jam belajar pada siang hari dan jam mengajar yang sedikikit yaitu 2 jam dalam satu minggu. Upaya guru dalam mengatasi hambatan metode mind mapping yaitu penataran, memahami metode mind mapping, menguasai materi pembelajaran, meningkatkan kreatifitas guru, supervisi dan pengajaran mikro.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/2/932109112%20-%20Pra%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/3/932109112%20-%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/4/932109112%20-%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/1/932109112%20-%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/1/932109112%20-%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/5/932109112%20-%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/6/932109112%20-%20BAB%20VI.pdf</identifier><identifier> SYAYIDAH, LAILY NUR (2016) Pemanfaatan Metode Mind Mapping dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTsN Bandar Kidul Kediri 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2152</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SYAYIDAH, LAILY NUR
title Pemanfaatan Metode Mind Mapping dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTsN Bandar Kidul Kediri 1
publishDate 2016
topic 130201 Creative Arts
Media and Communication Curriculum and Pedagogy
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/2/932109112%20-%20Pra%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/3/932109112%20-%20BAB%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/4/932109112%20-%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/1/932109112%20-%20BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/1/932109112%20-%20BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/5/932109112%20-%20BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/6/932109112%20-%20BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2152/
contents Kata kunci: Mind Mapping, Aqidah Akhlak Pemanfaatan metode mind mapping sudah sering diterapkan dalam proses pembelajaran Aqidah akhlak di MTsN 1 Bandar Kidul Kediri 1. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru menerapkan metode mind mapping. Adapun yang menjadi fokus penelitiannya adalah Bagaimana guru menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran Aqidah akhlak MTsN Bandar Kidul Kediri 1? Dengan difokuskan pada 1. Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping 2. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping 3. Faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping. 4. Faktor yang menghambat proses pembelajaran aqidah akhlak MTsN 1 Kota Kediri. 5. Upaya guru dalam mengatasi hambatan metode mind mapping dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus yang berada di MTsN Bandar Kidul Kediri 1. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian, yaitu: Bagaimana guru menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran Aqidah akhlak MTsN Bandar Kidul Kediri 1? Dengan hasil yang diperoleh Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping sudah baik dengan dilihat dari perencanaan yang dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping sudah mengikuti tahap-tahap pembelajaran. Faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam menerapkan metode mind mapping adalah adanya guru yang profesional dan siswa yang aktif. Faktor yang menghambat proses pembelajaran aqidah akhlak MTsN 1 Kota Kediri yaitu media leptop yang dimiliki guru rusak, jam belajar pada siang hari dan jam mengajar yang sedikikit yaitu 2 jam dalam satu minggu. Upaya guru dalam mengatasi hambatan metode mind mapping yaitu penataran, memahami metode mind mapping, menguasai materi pembelajaran, meningkatkan kreatifitas guru, supervisi dan pengajaran mikro.
id IOS6979.2152
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:52:05Z
last_indexed 2021-03-26T11:52:05Z
recordtype dc
_version_ 1695295579221917696
score 17.538404