Daftar Isi:
  • Belajar merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para murid untuk menimba ilmu di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari peran seorang pendidik dalam membimbing peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ada pada setiap individu. Begitu pula dengan fasilitas yang tersedia oleh pihak sekolah untuk membantu para pendidik dan peserta didik dalam beraktivitas di sekolah. Faktor yang berpengaruh bagi prestasi peserta didik diantaranya yaitu fasilitas belajar dan variasi metode mengajar. Fasilitas belajar akan sangat membantu seorang pendidik dalam proses mengajar dan bagi siswa akan memudahkan dalam proses belajar untuk memahami. Selain itu guru juga menerapkan variasi metode mengajar saat aktivitas belajar berlangsung supaya para murid mendapatkan pengalaman ketika berada di sekolah. Penelitian ini akan membahas masalah tentang: 1) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; 2) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa di SMAN 1 Taman Sidoarjo yang berjumlah 1088 siswa muslim. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah 270 siswa muslim. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Penelitian ini diperoleh hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 81,156 + 0,093X1; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 5,8% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 82,317 + 0,042X2; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,6% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 79,572 + 0,061X1 + 0,027X2.