ctrlnum 2025
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/</relation><title>Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan&#xD; Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di&#xD; SMAN 1 Taman Sidoarjo</title><creator>Pramusti, Rizki Dwi</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Belajar merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para murid untuk&#xD; menimba ilmu di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari peran&#xD; seorang pendidik dalam membimbing peserta didik untuk mengembangkan potensi&#xD; yang ada pada setiap individu. Begitu pula dengan fasilitas yang tersedia oleh pihak&#xD; sekolah untuk membantu para pendidik dan peserta didik dalam beraktivitas di&#xD; sekolah. Faktor yang berpengaruh bagi prestasi peserta didik diantaranya yaitu&#xD; fasilitas belajar dan variasi metode mengajar. Fasilitas belajar akan sangat&#xD; membantu seorang pendidik dalam proses mengajar dan bagi siswa akan&#xD; memudahkan dalam proses belajar untuk memahami. Selain itu guru juga&#xD; menerapkan variasi metode mengajar saat aktivitas belajar berlangsung supaya para&#xD; murid mendapatkan pengalaman ketika berada di sekolah. Penelitian ini akan&#xD; membahas masalah tentang: 1) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas&#xD; belajar terhadap prestasi belajar; 2) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang&#xD; variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Bagiamana pengaruh&#xD; persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan variasi metode mengajar terhadap&#xD; prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Taman Sidoarjo.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh&#xD; siswa di SMAN 1 Taman Sidoarjo yang berjumlah 1088 siswa muslim.&#xD; Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling&#xD; Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah 270 siswa muslim.&#xD; Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan&#xD; dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.&#xD; Penelitian ini diperoleh hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi&#xD; siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6% dengan&#xD; persamaan regresinya yaitu Y = 81,156 + 0,093X1; 2) Terdapat pengaruh yang&#xD; signifikan persepsi siswa tentang variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar&#xD; siswa sebesar 5,8% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 82,317 + 0,042X2; 3)&#xD; Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan&#xD; variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,6% dengan&#xD; persamaan regresinya yaitu Y = 79,572 + 0,061X1 + 0,027X2.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/1/932114216%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/2/932114216%20bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/3/932114216%20bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/4/932114216%20bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/5/932114216%20bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/6/932114216%20bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/7/932114216%20bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/8/932114216%20DP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/9/932114216%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Pramusti, Rizki Dwi (2020) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2025</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pramusti, Rizki Dwi
title Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Taman Sidoarjo
publishDate 2020
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/1/932114216%20prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/2/932114216%20bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/3/932114216%20bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/4/932114216%20bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/5/932114216%20bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/6/932114216%20bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/7/932114216%20bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/8/932114216%20DP.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/9/932114216%20LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/
contents Belajar merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para murid untuk menimba ilmu di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari peran seorang pendidik dalam membimbing peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ada pada setiap individu. Begitu pula dengan fasilitas yang tersedia oleh pihak sekolah untuk membantu para pendidik dan peserta didik dalam beraktivitas di sekolah. Faktor yang berpengaruh bagi prestasi peserta didik diantaranya yaitu fasilitas belajar dan variasi metode mengajar. Fasilitas belajar akan sangat membantu seorang pendidik dalam proses mengajar dan bagi siswa akan memudahkan dalam proses belajar untuk memahami. Selain itu guru juga menerapkan variasi metode mengajar saat aktivitas belajar berlangsung supaya para murid mendapatkan pengalaman ketika berada di sekolah. Penelitian ini akan membahas masalah tentang: 1) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; 2) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa di SMAN 1 Taman Sidoarjo yang berjumlah 1088 siswa muslim. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah 270 siswa muslim. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Penelitian ini diperoleh hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 81,156 + 0,093X1; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 5,8% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 82,317 + 0,042X2; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,6% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 79,572 + 0,061X1 + 0,027X2.
id IOS6979.2025
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:52:02Z
last_indexed 2021-03-26T11:52:02Z
recordtype dc
_version_ 1695295578456457216
score 17.538404