Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Taman Sidoarjo
ctrlnum |
2025 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/</relation><title>Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan
Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di
SMAN 1 Taman Sidoarjo</title><creator>Pramusti, Rizki Dwi</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Belajar merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para murid untuk
menimba ilmu di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari peran
seorang pendidik dalam membimbing peserta didik untuk mengembangkan potensi
yang ada pada setiap individu. Begitu pula dengan fasilitas yang tersedia oleh pihak
sekolah untuk membantu para pendidik dan peserta didik dalam beraktivitas di
sekolah. Faktor yang berpengaruh bagi prestasi peserta didik diantaranya yaitu
fasilitas belajar dan variasi metode mengajar. Fasilitas belajar akan sangat
membantu seorang pendidik dalam proses mengajar dan bagi siswa akan
memudahkan dalam proses belajar untuk memahami. Selain itu guru juga
menerapkan variasi metode mengajar saat aktivitas belajar berlangsung supaya para
murid mendapatkan pengalaman ketika berada di sekolah. Penelitian ini akan
membahas masalah tentang: 1) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar; 2) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang
variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Bagiamana pengaruh
persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan variasi metode mengajar terhadap
prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh
siswa di SMAN 1 Taman Sidoarjo yang berjumlah 1088 siswa muslim.
Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling
Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah 270 siswa muslim.
Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.
Penelitian ini diperoleh hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi
siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6% dengan
persamaan regresinya yaitu Y = 81,156 + 0,093X1; 2) Terdapat pengaruh yang
signifikan persepsi siswa tentang variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar
siswa sebesar 5,8% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 82,317 + 0,042X2; 3)
Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan
variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,6% dengan
persamaan regresinya yaitu Y = 79,572 + 0,061X1 + 0,027X2.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/1/932114216%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/2/932114216%20bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/3/932114216%20bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/4/932114216%20bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/5/932114216%20bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/6/932114216%20bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/7/932114216%20bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/8/932114216%20DP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/9/932114216%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Pramusti, Rizki Dwi (2020) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>2025</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Pramusti, Rizki Dwi |
title |
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar Dan
Variasi Metode Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di
SMAN 1 Taman Sidoarjo |
publishDate |
2020 |
topic |
130303 Education Assessment and Evaluation |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/1/932114216%20prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/2/932114216%20bab1.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/3/932114216%20bab2.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/4/932114216%20bab3.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/5/932114216%20bab4.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/6/932114216%20bab5.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/7/932114216%20bab6.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/8/932114216%20DP.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/9/932114216%20LAMPIRAN.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/2025/ |
contents |
Belajar merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para murid untuk
menimba ilmu di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari peran
seorang pendidik dalam membimbing peserta didik untuk mengembangkan potensi
yang ada pada setiap individu. Begitu pula dengan fasilitas yang tersedia oleh pihak
sekolah untuk membantu para pendidik dan peserta didik dalam beraktivitas di
sekolah. Faktor yang berpengaruh bagi prestasi peserta didik diantaranya yaitu
fasilitas belajar dan variasi metode mengajar. Fasilitas belajar akan sangat
membantu seorang pendidik dalam proses mengajar dan bagi siswa akan
memudahkan dalam proses belajar untuk memahami. Selain itu guru juga
menerapkan variasi metode mengajar saat aktivitas belajar berlangsung supaya para
murid mendapatkan pengalaman ketika berada di sekolah. Penelitian ini akan
membahas masalah tentang: 1) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar; 2) Bagiamana pengaruh persepsi siswa tentang
variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Bagiamana pengaruh
persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan variasi metode mengajar terhadap
prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh
siswa di SMAN 1 Taman Sidoarjo yang berjumlah 1088 siswa muslim.
Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling
Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah 270 siswa muslim.
Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.
Penelitian ini diperoleh hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi
siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6% dengan
persamaan regresinya yaitu Y = 81,156 + 0,093X1; 2) Terdapat pengaruh yang
signifikan persepsi siswa tentang variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar
siswa sebesar 5,8% dengan persamaan regresinya yaitu Y = 82,317 + 0,042X2; 3)
Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan
variasi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,6% dengan
persamaan regresinya yaitu Y = 79,572 + 0,061X1 + 0,027X2. |
id |
IOS6979.2025 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:52:02Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:52:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295578456457216 |
score |
17.538404 |