Daftar Isi:
  • Motivasi adalah pendorong tingkah laku menuju tujuan yang ingin diraih dengan didasari adanya suatu kebutuhan. Dorongan dapat timbul dari dalam diri seseorang (internal) dan juga timbul dari luar seseorang (eksternal). Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kedisiplinan dan kecerdasan emosional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri. Sedangkan permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kedisiplinan guru PAI di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2019-2020?, 2) bagaimana kecerdasan emosional guru PAI di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2019-2020?, 3) bagaimana motivasi belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2019-2020? 4) bagaimana pengaruh kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2019-2020?, 5) bagaimana pengaruh kecerdasan emosional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2019-2020?, 6) bagaimana pengaruh kedisiplinan dan kecerdasan emosional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri tahun pelajaran 2019-2020?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 167 responden dari kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana (random sampling). Metode pengumpulan data menggunakan angket serta dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah: 1) kedisiplinan guru PAI di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri dikategorikan sangat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 174,11, 2) kecerdasan emosional guru PAI di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 135.52, 3) motivasi belajar siswa di UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 122,72, 4) terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dengan persentase 41,3%, 5) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dengan persentase 40,8%, 6) terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan kecerdasan emosional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dengan persentase 44,7%.