Daftar Isi:
  • Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) adalah program yang diinstruksikan oleh Kementerian Agama kantor wilayah Jawa Timur untuk diterapkan di madrasah-madrasah, salah satunya diterapkan di MTsN Kandat dengan salah satu tujuannya yaitu untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah dalam menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII MTsN Kandat dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana perencanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 2) Bagaimana materi dan metode dalam pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 3) Bagaimana evaluasi Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Perencanaan SKUA di MTsN Kandat diantaranya yaitu: penetapan guru pembimbing SKUA, penetapan jadwal SKUA dan perencanaan pembelajaran sebelum mengajar dengan mengumpulkan materi dari berbagai literatur. 2) Materi dalam pelaksanaan SKUA di MTsN Kandat pada kelas VIII terdiri dari aspek al-Qur’an, akidah akhlak, fiqih, dzikir dan doa. Metode yang digunakan yaitu metode drill, metode resitasi untuk setoran