ctrlnum 191
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/</relation><title>Pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Kandat)</title><creator>FEMILIYA, MEGA</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) adalah program yang diinstruksikan oleh Kementerian Agama kantor wilayah Jawa Timur untuk diterapkan di madrasah-madrasah, salah satunya diterapkan di MTsN Kandat dengan salah satu tujuannya yaitu untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah dalam menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII MTsN Kandat dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana perencanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 2) Bagaimana materi dan metode dalam pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 3) Bagaimana evaluasi Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat. &#xD; Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. &#xD; Hasil analisis data menunjukkan: 1) Perencanaan SKUA di MTsN Kandat diantaranya yaitu: penetapan guru pembimbing SKUA, penetapan jadwal SKUA dan perencanaan pembelajaran sebelum mengajar dengan mengumpulkan materi dari berbagai literatur. 2) Materi dalam pelaksanaan SKUA di MTsN Kandat pada kelas VIII terdiri dari aspek al-Qur&#x2019;an, akidah akhlak, fiqih, dzikir dan doa. Metode yang digunakan yaitu metode drill, metode resitasi untuk setoran</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/1/cover_surat%20scan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/5/Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/8/daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/191/9/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><identifier> FEMILIYA, MEGA (2017) Pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Kandat). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>191</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FEMILIYA, MEGA
title Pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Kandat)
publishDate 2017
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/191/1/cover_surat%20scan.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/2/BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/3/BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/4/BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/5/Bab%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/6/BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/7/BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/8/daftar%20pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/9/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://etheses.iainkediri.ac.id/191/
contents Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) adalah program yang diinstruksikan oleh Kementerian Agama kantor wilayah Jawa Timur untuk diterapkan di madrasah-madrasah, salah satunya diterapkan di MTsN Kandat dengan salah satu tujuannya yaitu untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah dalam menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII MTsN Kandat dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana perencanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 2) Bagaimana materi dan metode dalam pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat, 3) Bagaimana evaluasi Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah di MTsN Kandat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Perencanaan SKUA di MTsN Kandat diantaranya yaitu: penetapan guru pembimbing SKUA, penetapan jadwal SKUA dan perencanaan pembelajaran sebelum mengajar dengan mengumpulkan materi dari berbagai literatur. 2) Materi dalam pelaksanaan SKUA di MTsN Kandat pada kelas VIII terdiri dari aspek al-Qur’an, akidah akhlak, fiqih, dzikir dan doa. Metode yang digunakan yaitu metode drill, metode resitasi untuk setoran
id IOS6979.191
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:29Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:09Z
recordtype dc
_version_ 1695295565167853568
score 17.538404