Daftar Isi:
  • Loyalitas pelanggan menurut Zickmund dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dan diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kepuasan mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri angkatan 2018 pada sabun pembersih wajah Pond’s. 2) untuk mengetahui loyalitas mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri angkatan 2018 pada sabun pembersih wajah Pond’s. 3) untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan sabun pembersih wajah Pond’s pada mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkuantitaif dengan pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Perbankan Syariah angkatan 2018 yang memakai sabun pembersih wajah Pond’s lebih dari dua kali pemakaian dengan jumlah 63 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepuasan konsumen (X) dan loyalitas pelanggan (Y) mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri angkatan 2018 terhadap sabun pembersih wajah Pond’s masing-masing dalam kategori cukup. 2) korelasi/hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan adalah kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas pelanggan sabun pembersih wajah Pond’s pada mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri angkatan 2018 dengan nilai kepuasan konsumen sebesar 63,8%, sedangkan sisanya 36,2% dipengaruhi oleh faktor lain.