ctrlnum 1860
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/</relation><title>Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi EkonomiSyariah 2014 IAIN Kediri Dalam Pembelian Produk Pakaian Serba 35 Kota Kediri Perspektif Etika Konsumsi Islam</title><creator>M, Alifi Alfi Syarifatul</creator><subject>1505 Marketing</subject><description>Pada dasarnya, berbelanja merupakan kesenangan bagi semua orang.&#xD; Seseorang berbelanja untuk memperoleh barang yang dibutuhkan untuk memenuhi&#xD; kebutuhan hidupnya sehari-hari. Berbelanja sah-sah saja asal masih dalam tahap yang&#xD; wajar. Dikatakan tidak wajar apabila seseorang berbelanja bukan karena kebutuhan,&#xD; melainkan hanya karena kesenangan semata tanpa berpikir rasional yang disebut&#xD; dengan perilaku konsumtif. Pakaian merupakan ekspresi tentang cara hidup. Islam&#xD; tidak secara ekstrim mengatakan, setiap individu tidak mempunyai hak untuk&#xD; memiliki harta benda, namun Islam tetap mengakui adanya kepemilikan individu&#xD; serta ditentukan bagaimana cara untuk mengolah dan memanfaatkannya. Pemilihan&#xD; produk pakaian serba 35 sebagai objek penelitian karena saat ini sangat mudah&#xD; ditemukan dipasaran dan lebih cenderung dikonsumsi oleh mahasiswi Ekonomi&#xD; Syariah daripada baju dengan brand-brand ternama.&#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan teknik&#xD; pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Dalam penelitian ini metode wawancara digunakan untuk menanyakan kondisi&#xD; perekonomian mahasiswi, pengetahuan mahasiswi mengenai konsep etika konsumsi&#xD; dalam islam, kesadaran dan motivasi mahasiswi ekonomi syariah terhadap perilaku&#xD; konsumtif ketika mahasiswi melakukan pembelian produk pakaian serba 35.&#xD; Kemudian data dianalisis dengan cara menelaah data.&#xD; Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perilaku mahasiswi Ekonomi Syariah&#xD; 2014 di perngaruhi oleh factor pendorong dan factor yang mempengaruhi terjadinya&#xD; perilaku konsumtif tersebut, diantaranya : persepsi, keluarga, motivasi dan&#xD; keterlibatan, pengetahuan, sikap, pembelajaran, kelompok usia, gaya hidup, dan&#xD; keadaan ekonomi. Sedangkan factor yang mempengaruhi terjadinya perilaku&#xD; konsumtif mahasiswi ekonomi syariah yaitu : pendapatan, harga-harga barang yang&#xD; dikonsumsi, ikut-ikutan, dan ingin dipuji tampil beda. Dilihat dari perilaku mahasiswi&#xD; Ekonomi Syariah dalam membelanjakan hartanya untuk berbelanja produk baju serba&#xD; 35 jika dihubungkan dengan pengetahuan mereka tentang etika konsumsi dalam islam&#xD; sangatlah bagus, namun jika dikaitkan dengan fakta nyata kehidupan sehari-hari&#xD; mereka belum sempurna, dalam artian para mahasiswi ekonomi syariah angkatan&#xD; 2014 masih belum menerapkan sesuai dengan kaidah yang ada, yakni masih terdapat&#xD; mahasiswi yang melakukan tindakan boros dan bahkan berlebih-lebihan.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/8/931328614_prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/1/931328614_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/2/931328614_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/3/931328614_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/5/931328614_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/4/931328614_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/6/931328614_bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/7/931328614_daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/9/931328614_lampiran.pdf</identifier><identifier> M, Alifi Alfi Syarifatul (2018) Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi EkonomiSyariah 2014 IAIN Kediri Dalam Pembelian Produk Pakaian Serba 35 Kota Kediri Perspektif Etika Konsumsi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1860</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author M, Alifi Alfi Syarifatul
title Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi EkonomiSyariah 2014 IAIN Kediri Dalam Pembelian Produk Pakaian Serba 35 Kota Kediri Perspektif Etika Konsumsi Islam
publishDate 2018
topic 1505 Marketing
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/8/931328614_prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/1/931328614_bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/2/931328614_bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/3/931328614_bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/5/931328614_bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/4/931328614_bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/6/931328614_bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/7/931328614_daftar%20pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/9/931328614_lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1860/
contents Pada dasarnya, berbelanja merupakan kesenangan bagi semua orang. Seseorang berbelanja untuk memperoleh barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Berbelanja sah-sah saja asal masih dalam tahap yang wajar. Dikatakan tidak wajar apabila seseorang berbelanja bukan karena kebutuhan, melainkan hanya karena kesenangan semata tanpa berpikir rasional yang disebut dengan perilaku konsumtif. Pakaian merupakan ekspresi tentang cara hidup. Islam tidak secara ekstrim mengatakan, setiap individu tidak mempunyai hak untuk memiliki harta benda, namun Islam tetap mengakui adanya kepemilikan individu serta ditentukan bagaimana cara untuk mengolah dan memanfaatkannya. Pemilihan produk pakaian serba 35 sebagai objek penelitian karena saat ini sangat mudah ditemukan dipasaran dan lebih cenderung dikonsumsi oleh mahasiswi Ekonomi Syariah daripada baju dengan brand-brand ternama. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini metode wawancara digunakan untuk menanyakan kondisi perekonomian mahasiswi, pengetahuan mahasiswi mengenai konsep etika konsumsi dalam islam, kesadaran dan motivasi mahasiswi ekonomi syariah terhadap perilaku konsumtif ketika mahasiswi melakukan pembelian produk pakaian serba 35. Kemudian data dianalisis dengan cara menelaah data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perilaku mahasiswi Ekonomi Syariah 2014 di perngaruhi oleh factor pendorong dan factor yang mempengaruhi terjadinya perilaku konsumtif tersebut, diantaranya : persepsi, keluarga, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, pembelajaran, kelompok usia, gaya hidup, dan keadaan ekonomi. Sedangkan factor yang mempengaruhi terjadinya perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi syariah yaitu : pendapatan, harga-harga barang yang dikonsumsi, ikut-ikutan, dan ingin dipuji tampil beda. Dilihat dari perilaku mahasiswi Ekonomi Syariah dalam membelanjakan hartanya untuk berbelanja produk baju serba 35 jika dihubungkan dengan pengetahuan mereka tentang etika konsumsi dalam islam sangatlah bagus, namun jika dikaitkan dengan fakta nyata kehidupan sehari-hari mereka belum sempurna, dalam artian para mahasiswi ekonomi syariah angkatan 2014 masih belum menerapkan sesuai dengan kaidah yang ada, yakni masih terdapat mahasiswi yang melakukan tindakan boros dan bahkan berlebih-lebihan.
id IOS6979.1860
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
recordtype dc
_version_ 1695295577298829312
score 17.538404