Manajemen Kelas Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas X di SMAN 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018)
Daftar Isi:
- Manajemen kelas adalah optimalisasi kelas sebagai tempat yang mampu menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang efektif baik dari aspek kelas sebagai lingkungan fisik, maupun dari aspek peserta didik sebagai pengguna kelas. Secara umum masalah manajemen kelas seperti: Guru kurang mempersiapkan segala keperluan yang bersangkutan dengan proses pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan dalam manajemen kelas guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN 1 Pace, Kab. Nganjuk? 2) Bagaimana pengorganisasian dalam manajemen kelas guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN 1 Pace, Kab. Nganjuk? 3) Bagaimana pelaksanaan dalam manajemen kelas guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN 1 Pace, Kab. Nganjuk? 4) Bagaimana pengendalian dalam manajemen kelas guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN 1 Pace, Kab. Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kemudian menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi, ketekunan pengamatan, pengecekan teman sejawat. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Perencanaan dalam manajemen kelas guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah menyiapkan desain pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013 (K 13) sebagai berikut: silabus, program tahunan (PROTA), program semester (PROMES), Rpp, dan pekan Efektif. Serta pembuatan Rpp guru PAI terlebih dahulu melakukan analisis-analisi masalah. 2) Pengorganisasian dalam manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah: kewajiban guru PAI untuk mengumpulkan desain pembelajaran yang sudah dibuat kepada kepala sekolah dan waka kurikulum, membentuk tim kelompok belajar, membentuk koordinator kelas. 3) Pelaksanaan dalam manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah: melaksanakan kegiatan kereligiusan, penyedian kondisi di dalam kelas, Melaksanakan pembelajaran PAI sesuai desain pembelajaran dengan pendekatan Scientific, menggunakan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, sumber belajar yang relevan, media yang menarik dan penilaian pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik, serta melaksanaan perubahan formasi tempat duduk. 4) Pengendalian dalam manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah: guru PAI mengendalikan mulai dari awal perencanaan sampai akhir pelaksanaan manajemen kelas.