Manajemen Kelas Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas X di SMAN 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018)
ctrlnum |
1716 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/</relation><title>Manajemen Kelas Guru Pendidikan Agama
Islam untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas X di SMAN 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018)</title><creator>Nurcholiah, Binti Ummi</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Manajemen kelas adalah optimalisasi kelas sebagai tempat yang mampu
menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang efektif baik dari aspek kelas sebagai
lingkungan fisik, maupun dari aspek peserta didik sebagai pengguna kelas. Secara
umum masalah manajemen kelas seperti: Guru kurang mempersiapkan segala
keperluan yang bersangkutan dengan proses pembelajaran. Fokus penelitian ini
adalah: 1) Bagaimana perencanaan dalam manajemen kelas guru Pendidikan
Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN 1 Pace, Kab.
Nganjuk? 2) Bagaimana pengorganisasian dalam manajemen kelas guru
Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN
1 Pace, Kab. Nganjuk? 3) Bagaimana pelaksanaan dalam manajemen kelas guru
Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN
1 Pace, Kab. Nganjuk? 4) Bagaimana pengendalian dalam manajemen kelas guru
Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN
1 Pace, Kab. Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitian ini
adalah studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data, dan kemudian menarik kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi, ketekunan pengamatan,
pengecekan teman sejawat.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Perencanaan dalam manajemen
kelas guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa
adalah menyiapkan desain pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013 (K
13) sebagai berikut: silabus, program tahunan (PROTA), program semester
(PROMES), Rpp, dan pekan Efektif. Serta pembuatan Rpp guru PAI terlebih
dahulu melakukan analisis-analisi masalah. 2) Pengorganisasian dalam
manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan
efektifitas belajar siswa adalah: kewajiban guru PAI untuk mengumpulkan desain
pembelajaran yang sudah dibuat kepada kepala sekolah dan waka kurikulum,
membentuk tim kelompok belajar, membentuk koordinator kelas. 3) Pelaksanaan
dalam manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah: melaksanakan kegiatan
kereligiusan, penyedian kondisi di dalam kelas, Melaksanakan pembelajaran PAI
sesuai desain pembelajaran dengan pendekatan Scientific, menggunakan model
dan metode pembelajaran yang bervariasi, sumber belajar yang relevan, media 
yang menarik dan penilaian pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta
didik, serta melaksanaan perubahan formasi tempat duduk. 4) Pengendalian dalam
manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan
efektifitas belajar siswa adalah: guru PAI mengendalikan mulai dari awal
perencanaan sampai akhir pelaksanaan manajemen kelas.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/1/932119214_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/2/932119214_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/3/932119214_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/4/932119214_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/5/932119214_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/6/932119214_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/7/932119214_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/8/932119214_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/9/932119214_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Nurcholiah, Binti Ummi (2018) Manajemen Kelas Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas X di SMAN 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1716</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nurcholiah, Binti Ummi |
title |
Manajemen Kelas Guru Pendidikan Agama
Islam untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas X di SMAN 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018) |
publishDate |
2018 |
topic |
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/1/932119214_PRA%20BAB.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/2/932119214_BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/3/932119214_BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/4/932119214_BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/5/932119214_BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/6/932119214_BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/7/932119214_BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/8/932119214_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/9/932119214_LAMPIRAN.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1716/ |
contents |
Manajemen kelas adalah optimalisasi kelas sebagai tempat yang mampu
menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang efektif baik dari aspek kelas sebagai
lingkungan fisik, maupun dari aspek peserta didik sebagai pengguna kelas. Secara
umum masalah manajemen kelas seperti: Guru kurang mempersiapkan segala
keperluan yang bersangkutan dengan proses pembelajaran. Fokus penelitian ini
adalah: 1) Bagaimana perencanaan dalam manajemen kelas guru Pendidikan
Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN 1 Pace, Kab.
Nganjuk? 2) Bagaimana pengorganisasian dalam manajemen kelas guru
Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN
1 Pace, Kab. Nganjuk? 3) Bagaimana pelaksanaan dalam manajemen kelas guru
Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN
1 Pace, Kab. Nganjuk? 4) Bagaimana pengendalian dalam manajemen kelas guru
Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di SMAN
1 Pace, Kab. Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitian ini
adalah studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data, dan kemudian menarik kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi, ketekunan pengamatan,
pengecekan teman sejawat.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Perencanaan dalam manajemen
kelas guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa
adalah menyiapkan desain pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013 (K
13) sebagai berikut: silabus, program tahunan (PROTA), program semester
(PROMES), Rpp, dan pekan Efektif. Serta pembuatan Rpp guru PAI terlebih
dahulu melakukan analisis-analisi masalah. 2) Pengorganisasian dalam
manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan
efektifitas belajar siswa adalah: kewajiban guru PAI untuk mengumpulkan desain
pembelajaran yang sudah dibuat kepada kepala sekolah dan waka kurikulum,
membentuk tim kelompok belajar, membentuk koordinator kelas. 3) Pelaksanaan
dalam manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah: melaksanakan kegiatan
kereligiusan, penyedian kondisi di dalam kelas, Melaksanakan pembelajaran PAI
sesuai desain pembelajaran dengan pendekatan Scientific, menggunakan model
dan metode pembelajaran yang bervariasi, sumber belajar yang relevan, media
yang menarik dan penilaian pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta
didik, serta melaksanaan perubahan formasi tempat duduk. 4) Pengendalian dalam
manajemen kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan
efektifitas belajar siswa adalah: guru PAI mengendalikan mulai dari awal
perencanaan sampai akhir pelaksanaan manajemen kelas. |
id |
IOS6979.1716 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-11-20T08:41:59Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295576483037184 |
score |
17.538404 |